Pengaruh Keaktifan Peserta Didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI (Studi di SMP Negeri 21 Kota Serang Kelas VII dan VIII)

Ridwan, Ridwan (2020) Pengaruh Keaktifan Peserta Didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI (Studi di SMP Negeri 21 Kota Serang Kelas VII dan VIII). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
T_PAI_162010015_Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Teks
T_PAI_162010015_Lampiran Depan.pdf

Download (933kB)
[img] Teks
T_PAI_162010015_Bab I.pdf

Download (137kB)
[img] Teks
T_PAI_162010015_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img] Teks
T_PAI_162010015_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (536kB)
[img] Teks
T_PAI_162010015_Bab IV.pdf

Download (6MB)
[img] Teks
T_PAI_162010015_Bab V.pdf

Download (931kB)
[img] Teks
T_PAI_162010015_Daftar Pustaka.pdf

Download (598kB)

Abstrak

Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kota Serang telah diatur dalam Perda nomor 1 tahun 2010 dan Perwal nomor 17 tahun 2013 tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama Islam terutama dalam baca tulis Al-Quran, Peserta didiknya adalah mereka yang masih duduk di bangku kelas III - VI SD, dan Syahadah Diniyah menjadi syarat untuk masuk jenjang pendidikan SMP. Namun demikian prestasi belajar PAI di SMPN 21 Kota Serang masih rendah atau di bawah KKM. Dan motivasi belajar di SMPN 21 Kota Serang juga masih rendah tertuma pada waktu ada kegiatan perayaan pesta pernikahan mereka ikut menjadi panitia sehingga meninggalkan kewajibannya untuk belajar di sekolah, dan pada waktu kegiatan tradisi Maulid Nabi dikampungnya, mereka pada ikut ngeropok atau riungan sehingga kehadiran mereka di sekolah berkurang. Tujuan penelitian ini untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat keaktifan peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliah Awaliyah. 2) tingkat motivasi belajar. 3) tingkat prestasi belajar PAI. 4) pengaruh keaktifan di MDTA terhadap prestasi belajar PAI. 5) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI. 6) pengaruh keaktifan peserta didik di MDTA dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI. (studi di SMP Negeri 21 Kota Serang). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dalam pengambilan sampel menggunkan rumus Slovin dan diperoleh sampel 70 peserta didik dari jumlah populasi 233 peserta didik. Data variabel prestasi belajar PAI diperoleh dari nilai harian, nilai tugas dan penilain tengah semester. Sedangkan data variabel keaktifan di MDTA dan motivasi belajar PAI diperoleh melalui penyebaran angket. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tingkat Keaktifan Peserta Didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah tergolong katagori baik atau kuat yaitu sebesar 79.89% 2) tingkat motivasi belajar tergolong katagori baik atau tinggi yaitu sebesar 80,12% 3) tingkat prestasi belajar PAI tergolong katagori baik atau tinggi yaitu sebesar 70.30%. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan di MDTA dengan prestasi Belajar PAI, pengaruh tersebut mencapai 0.4560 atau 20.80% dengan katagori korelasi yang cukup berarti. 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi Belajar PAI, pengaruh tersebut mencapai 0.6057 atau 36.68% dengan katagori korelasi yang cukup berarti. 6) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan peserta didik di MDTA dan motivasi belajar dengan prestasi Belajar PAI, pengaruh tersebut mencapai 0.6771 atau 45.84% dengan katagori korelasi yang cukup berarti. Kesimpulannya prestasi peserta didik pada mata pelajaran PAI dapat diperbaiki dan ditingkatkan melalui peningkatan keaktifan peserta didik di MDTA dan peningkatan motivasi belajar

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Keaktifan, peserta didik, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Magister > PAI
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 11 Sep 2025 06:52
Perubahan Terakhir: 11 Sep 2025 06:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17549

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.