Fithoturohmah, Fithoturohmah (2025) Peran Kepala Sekolah dalam Mengevaluasi Program Membaca Al-Qur'an dengan Metode Batiq Izzati di RA Al-Izzah Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_211260016_Cover.pdf Download (155kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260016_Lampiran Depan.pdf Download (506kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260016_Bab I.pdf Download (269kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260016_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260016_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (363kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260016_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (981kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260016_Bab V.pdf Download (215kB) |
|
|
Teks
S_PIAUD_211260016_Daftar Pustaka.pdf Download (308kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam mengevaluasi program membaca Al Qur’an dengan metode Batiq Izzati di RA Al-Izzah Kota Serang. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab strategis dalam menjamin mutu pembelajaran, termasuk dalam pelaksanaan program keagamaan yang menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Metode Batiq Izzati merupakan metode internal yang dirancang khusus oleh Yayasan Al-Izzah untuk memfasilitasi pembelajaran membaca Al-Qur’an secara bertahap dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menjalankan peranannya dalam delapan aspek kepemimpinan, namun pelaksanaan evaluasi program belum optimal karena keterbatasan waktu dan kurangnya keterlibatan orang tua. Evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi harian oleh guru dan evaluasi kenaikan jilid oleh kepala sekolah. Faktor pendukung evaluasi antara lain kompetensi guru, ketersediaan sarana prasarana, dan sistem evaluasi yang terstruktur. Adapun faktor penghambat mencakup waktu yang terbatas dan kurangnya sumber daya. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan intensitas evaluasi serta kolaborasi yang lebih erat antara sekolah dan orang tua untuk meningkatkan efektivitas program.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kepala sekolah, evaluasi program, membaca Al Qur’an, metode Batiq Izzati, RA Al-Izzah |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 02 Sep 2025 02:45 |
| Perubahan Terakhir: | 02 Sep 2025 02:45 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17470 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
