Pengaruh Kesiapan Masuk Sekolah Dasar dan Kemampuan Membaca Permulaan terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak (Penelitian Kualitatif di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al Khaeriyah Panecekan Pontang)

Fahmi, Fahmi (2020) Pengaruh Kesiapan Masuk Sekolah Dasar dan Kemampuan Membaca Permulaan terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak (Penelitian Kualitatif di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al Khaeriyah Panecekan Pontang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
T_PAI_1540100357_Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Teks
T_PAI_1540100357_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_1540100357_Bab I.pdf

Download (319kB)
[img] Teks
T_PAI_1540100357_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_1540100357_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (648kB)
[img] Teks
T_PAI_1540100357_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_1540100357_Bab V.pdf

Download (267kB)
[img] Teks
T_PAI_1540100357_Daftar Pustaka.pdf

Download (278kB)

Abstrak

Pada awal masuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Khaeriyah Panecekan, berdasarkan observasi dan wawancara masih rendahnya kesiapan belajar masuk sekolah dasar (SD/MI) dan rendahnya kemampuan membaca permulaan pada anak kelas 1 madrasah ibtidaiyah di semester 1 dapat mempengaruhi hasil belajar aqidah akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan belajar siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khaeriyah Panecekan-Pontang, untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Al Khaeriyah Panecekan-Pontang. untuk mengetahui belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran aqidah akhlak. untuk mengetahui bagaimana pengaruh kesiapan belajar dan kemampuan membaca permulaan terhadap hasil belajar aqidah akhlak Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan suatu gambaran yang kompleks, meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan responden, dan melakukan pada situasi yang alami. Dalam penelitian kualitatif pentliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelasan Adapun hasil penelitian yaitu: 1) Kesiapan belajar siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khaeriyah Panecekan-Pontang kesiapan anak masuk sekolah dasar berkembang baik walaupun pada awalnya mereka terlihat kurang berkembang namun setelah beberapan bulan kemudian di akhir semester 1 menunjukkan berkembang baik di dan di awal hingga akhir semester 2 tetap menjadi berkembang baik. Mereka dapat beradaptasi dengan teman-teman sekelas, lingkungan kelas, lingkungan sekolah, guru kelas dan kegiatan-kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi kesiapan belajar masuk sekolah dasar rata-rata 43.44 yang menunjukkan berkembang baik. 2). Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khaeriyah Panecekan Pontang pada awal masuk kurang berkembang (kurang lancar) namun setelah mengikuti les membaca permulaan setiap jam 15: 30 sampai jam 17 : 30 setiap hari dari hari senin, selasa, rabu dan kamis yang diadakan di lingkungan Madrasah Ibitidaiyah (MI) Al-Khaeriyah Panecekan Pontang sehingga kemampuan membaca permulaan anak menjadi berkembang baik (lebih lancar) dari sebelum mendapat les membaca permulaan. hasil rata-rata rapot kemampuan membaca permulaan mereka dengan nilai 76.94, 3) Tingkat belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran aqidah akhlak berdasarkan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara di lapangan menunjukkan bahwa membiasakan berperilaku positif, menujukkan pola hidup bersih, kasih sayang,dan rukun dalam kehidupan sehari-hari. menghayati hikmah menghindari dari hidup kotor, membiasakan diri untuk menghindari hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari berkembang baik dan hasil rata-rata rapot dengan nilai 81.11, 4) Berdasarkan hasil data kesiapan belajar dan kemampuan membaca permulaan terhadap hasil belajar aqidah akhlak berkembang baik karena kesiapan belajar masuk sekolah dasar anak berkembang baik sehingga anak dapat beradaptasi dengan baik dan dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik dan kemampuan memabaca permulaan berkembang baik sehingga anak dapat membaca materi pelajaran dan tulisan di buku dapat dipahami oleh anak sehingga mempengaruhi dalam hasil belajar aqidah akhlak dengan baik berupa anak mengucapkan salam apabila masuk dan keluar dari kelas atau dari rumah, anak terbiasa mencium tangan orang tua atau guru, anak terbiasa menolong temannya, anak berpakaian bersih, anak sayang kepada teman-temannya, anak memiliki perhatian kepada teman temanya, anak terbiasa menyukai kebersihan, anak terbiasa menyukai keindahan, anak membuang sampah pada tempatnya, anak ikut membantu membersihkan sampah dan anak mengucapkan kata-kata yang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Magister > PAI
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2025 06:23
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2025 06:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17454

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.