Ulfiyah, Mala (2025) Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 3 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_MPI_211250016_Cover.pdf Download (209kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250016_Lampiran Depan.pdf Download (425kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250016_Bab I.pdf Download (205kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250016_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (352kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250016_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (138kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250016_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (332kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250016_Bab V.pdf Download (87kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250016_Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 2) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 3) Bentuk evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan jenis penelitian (field research) dan bersifat kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengolahan data untuk mencari kevalidan data, peneliti menggunakan triangulasi dalam menganalisis data kemudian setelah itu dianalisis data (analisis deskriptif kualitatif). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan pembelajaran berbasis projek yang dilakukan diluar jadwal pelajaran rutin. Melalui projek ini, peserta didik belajar dalam suasana yang fleksibel, serta terlibat langsung dengan lingkungan sekitar. Kegiatan P5 sudah berjalan selama tiga tahun dengan sistem blok tiga tema setiap tahun, masing masing berlangsung selama tiga minggu. Tema dan kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, kondisi sekolah, dan ketersediaan sumber daya. Kegiatan yang dilakukan meliputi diskusi, praktik langsung, dan gelar karya. Peserta didik terlibat aktif dalam berbagai projek kreatif seperti membuat komposter, bermain permainan tradisional, dan mengenal budaya lokal. Projek ini tidak hanya menanamkan nilai-nilai Pancasila, tetapi juga membentuk karakter, kreativitas, dan kepedulian lingkungan. 2) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dilakukan melalui tiga tahap, yaitu Perencanaan meliputi penyusunan jadwal, pemilihan tema dan pembentukan tim, serta pelatihan bagi pendidik dan sosialisasi kepada orang tua. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan dijalankan berdasarkan modul dari Kemendikbudristek yang menekankan pembentukan karakter peserta didik. Evaluasi dilakukan dengan cara mengolah hasil asesmen, briefing, wawancara, dan diskusi tim untuk menilai keberhasilan dan memperbaiki pelaksanaan ke depan. 3) Bentuk evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), evaluasi dan refleksi dilakukan setiap selesai kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu dengan cara briefing, wawancara dengan para tim setiap penanggung jawab menyampaikan laporan, kemudian seluruh tim berdiskusi bersama untuk mengevaluasi pelaksanaan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Strategi kepala sekolah, pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 28 Aug 2025 03:33 |
| Perubahan Terakhir: | 28 Aug 2025 03:33 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17446 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
