Mukhlis, Ahmad Assyahrul (2025) Budaya Bermedia Sosial di Kalangan Santri Pondok Pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_201510038_Cover.pdf Download (32kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510038_Lampiran Depan.pdf Download (657kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510038_BAB I.pdf Download (334kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510038_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (335kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510038_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (148kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510038_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (946kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510038_BAB V.pdf Download (77kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510038_Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) |
Abstrak
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan tradisional yang memiliki sistem pengajaran khas berbasis nilai-nilai Islam. Santri sebagai bagian dari lingkungan pesantren hidup dalam ikatan norma, nilai, dan aturan agama yang kuat. Peran pondok pesantren sangat penting dalam mencetak generasi berakhlak, berilmu, dan mampu menghadapi perkembangan zaman, termasuk di bidang teknologi dan media digital. Tujuan dari peneliti ini adalah: 1) budaya bermedia sosial di kalangan santri Pondok Pesantren, 2) konten yang diunggah dalam media sosial Pondok Pesantren, 3) dampak dari penggunaan media sosial di kalangan santri pondok pesantren. Peneliti menggunakan metode kualitatif karena penulis menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta dan yang ada di tempat peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan dan didapatkan bahwa: 1) budaya bermedia sosial di kalangan santri pondok pesantren dimana santri dan pengurus tidak hanya menjadi konsumen media, tetapi juga produsen konten dakwah dan edukasi, 2) Konten yang diunggah meliputi motivasi Islam, kegiatan keagamaan, kegiatan kebangsaan, wisuda, Isra Mi’raj, film pendek, dan kata-kata lucu, 3) media sosial menjadi arena bagi para santri untuk mengembangkan nilai nilai keislaman, komunikasi sosial, hingga edukasi, tetapi sekaligus menghadirkan tantangan seperti distraksi, ketagihan, hingga tekanan sosial.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Budaya Bermedia Sosial, Media Sosial, Santri |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 26 Aug 2025 08:30 |
| Perubahan Terakhir: | 26 Aug 2025 08:34 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17426 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
