Alisa, Sartinah (2024) Tanggung jawab Negara terhadap Kesejahteraan Guru Menurut Pasal 41 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Ditinjau dari Siyasah Syar’iyyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_HTN_201120010_Cover.pdf Download (453kB) |
|
|
Teks
S_HTN_201120010_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_HTN_201120010_Bab I.pdf Download (563kB) |
|
|
Teks
S_HTN_201120010_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (561kB) |
|
|
Teks
S_HTN_201120010_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (606kB) |
|
|
Teks
S_HTN_201120010_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (547kB) |
|
|
Teks
S_HTN_201120010_Bab V.pdf Download (178kB) |
|
|
Teks
S_HTN_201120010_Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
Abstrak
Hak asasi manusia adalah hak yang paling dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia sebagaiamana diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999. Dalam peraturan ini menegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama untuk memperoleh kesetaraan, keadilan, dan perlindungan. Hak asasi tidak hanya berbicara mengenai norma-norma dan instrumen hukum melainkan bagian dari kesejahteraan sebagai tujuan dari kehidupan bangsa. Namun hak kesejahteraan ini belum didapatkan sepenuhnya oleh profesi guru. Sementara guru adalah profesi yang sentral dalam sebuah negara karena berperan dalam mencerdaskan para generasi bangsa. Namun yang menjadi permasalahan adalah: 1) Bagaimana pengaturan tanggungjawab negara terhadap kesejahteraan guru menurut Pasal 41 Ayat 1 Undang Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia? 2) Bagaimana pelaksanaan tanggungjawab negara terhadap kesejahteraan guru menurut Pasal 41 Ayat 1 Undang Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia 3) Bagaimana tinjauan siyasah syar’iyyah terkait tanggungjawab negara terhadap kesejahteraan guru menurut Pasal 41 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaturan tanggungjawab negara terhadap kesejahteraan guru menurut Pasal 41 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia, 2) Mengetahui pelaksanaan tanggungjawab negara terhadap kesejahteraan guru menurut Pasal 41 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia 3) Mengetahui tinjauan siyasah syar’iyyah terkait tanggungjawab negara terhadap kesejahteraan guru menurut Pasal 41 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu yuridis-normatif atau pendekatan perundang-undangan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen atau (legal research) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berkesimpulan: 1) Pengaturan tanggungjawab negara terhadap kesejahteraan guru menurut Pasal 41 Ayat 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia negara menjamin agar hak warga negara dapat terpenuhi secara utuh dilihat dari banyaknya peraturan perundang-undangan tentang hak asasi manusia 2) Namun dalam pelaksaaannya negara belum sepenuhnya bertanggungjawab atas pemenuhan hak kesejahteraan bagi profesi guru baik secara materiil maupun non materiil 3) Dalam tinjauan siyasah syar’iyyah, yaitu politik perundang-undangan atau siyasah dusturiyah, negara sudah membuat pengaturan berdasarkan tujuan syariat atau maqashid syariah untuk mewujudkan hifzh al-aql yaitu menjaga akal.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Hak asasi, kesejahteraan, guru |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 340 Hukum > 341 Hukum bangsa > 341.4 Hubungan Jurisdiksi Antar Negara > 341.48 Hak Asasi Manusia, HAM |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 07 Aug 2025 02:24 |
| Perubahan Terakhir: | 07 Aug 2025 02:24 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17273 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
