Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Kognitif pada Anak Usia Dini Kelompok B (TK Bhakti 5 Kp Sumur Peuteuy Desa Baros Kecamatan Baros)

Nurwasiah, Siti (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Kognitif pada Anak Usia Dini Kelompok B (TK Bhakti 5 Kp Sumur Peuteuy Desa Baros Kecamatan Baros). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_181260032_Cover.pdf

Download (36kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260032_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260032_Bab I.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260032_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (282kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260032_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (147kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260032_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (301kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260032_Bab V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260032_Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)

Abstrak

Metode eksperimen membantu pemahaman anak tentang konsep sains dan membantu meletakkan aspek-aspek yang terkait dengan keterampilan proses sains, selain itu dengan adanya kegiatan eksperimen perkembangan kognitif anak dapat terangsang dengan baik. Dari proses kegiatan eksperimen terdapat hasil serangkaian percobaan dan pengamatan serta dapat diamati dan diuji coba. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif pada anak usia dini kelompok B di TK Bhakti 5 Kp. Sumur Peuteuy Desa Baros Kecamatan Baros, 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif pada anak usia dini kelompok B di TK Bhakti 5 Kp. Sumur Peuteuy Desa Baros Kecamatan Baros dan 3) Untuk mengetahui pengaruh dari adanya metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif pada anak usia dini kelompok B di TK Bhakti 5 Kp Sumur Peuteuy Desa Baros Kecamatan Baros. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent grup design dengan instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 anak, yakni terdiri dari 17 anak kelas eksperimen dan 17 anak kelas kontrol. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan statistik shapiro wilk karena sampel < 50 dan Uji T dengan bantuan SPSS 30.0. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil observasi oleh peneliti dengan pengisian lembar observasi maka berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan kognitif pada anak usia dini. berdasarkan analisa data yang diperoleh dapat diketahui bahwa terdapat perubahan hasil belajar pretest dan postest baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ini dapat dibuktikan dari hasil output diketahui nilai sig Levene’s test for equality of variances adalah sebesar 2.750 > 0.05, maka dapat diartikan bahwa varians data antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol adalah homogen atau sama. Berdasarkan tabel diketahui nilai sig P < 0.01, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif pada anak usia dini kelompok B di TK Bhakti 5 Kp Sumur Peuteuy Desa Baros Kecamatan Baros, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode eksperimen, kemampuan kognitif, perkembangan anak, anak usia dini
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 09 Jul 2025 14:27
Perubahan Terakhir: 09 Jul 2025 14:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17126

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.