Pengelolaan Lingkungan Belajar dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Anak Usia Dini di SPS Tunas Harapan Kecamatan Mancak Kabupaten Serang

Fajriyani, Heny (2025) Pengelolaan Lingkungan Belajar dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Anak Usia Dini di SPS Tunas Harapan Kecamatan Mancak Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Cover.pdf

Download (397kB)
[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Lampiran Depan.pdf

Download (607kB)
[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Bab I.pdf

Download (122kB)
[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (173kB)
[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (173kB)
[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Bab V.pdf

Download (65kB)
[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Teks
S_PIAUD_211260028_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)

Abstrak

Pengelolaan lingkungan belajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah proses perencanaan, pengaturan, dan pengawasan terhadap semua aspek lingkungan fisik, sosial, dan psikologis yang mendukung terciptanya suasana belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, dan merangsang perkembangan anak secara optimal. Implementasi Kurikulum Merdeka adalah proses penerapan kurikulum baru yang menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan pendekatan yang lebih fleksibel, kontekstual, dan berbasis pada kebutuhan dan perkembangan siswa. Kurikulum ini memberi ruang bagi guru untuk merancang pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan sekitarnya. Penelitian Bertujuan untuk menentukan Pengelolaan lingkungan belajar dalam rangka implementasi kurikulum merdeka untuk usia anak dini di SPS Tunas Harapan kecamatan mancak kabupaten serang. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan adalah pengamatan, Wawancara dan dokumentasi. Topik penelitian ini dilakukan oleh kepala sekolah dan guru SPS Tunas Harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan lingkungan belajar cukup baik. dalam implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD SPS Tunas Harapan. Lingkungan yang baik, ketersediaan alat permainan edukatif (APE), dan pelibatan anak dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Pengelolaan lingkungan belajar yang efektif memberikan berbagai manfaat penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dengan menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan, anak anak lebih termotivasi untuk belajar dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan. Upaya untuk mengoptimalkan lingkungan belajar termasuk penataan ruang, variasi APE, pelibatan anak, peningkatan kompetensi guru, dan dukungan dari orang tua serta komunitas. Ini semua dapat mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dan memberikan pengalaman belajar yang berarti bagi anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 08 Jul 2025 03:30
Perubahan Terakhir: 08 Jul 2025 03:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17111

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.