Chotimah, Fitria Arifatul (2025) Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Layanan Akademik Siswa di SMAN 1 Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_MPI_211250046_Cover.pdf Download (827kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250046_Lampiran Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250046_Bab I.pdf Download (110kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250046_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (160kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250046_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (120kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250046_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (287kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250046_Bab V.pdf Download (82kB) |
|
|
Teks
S_MPI_211250046_Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) |
Abstrak
Kegiatan tata usaha merupakan aktivitas keseluruhan dari tahapan administrasi. Dalam memberikan layanan kepada siswa tidak hanya pelayanan biasa namun dengan pelayanan yang baik dan mampu memuaskan siswa agar mudah tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dalam manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan akademik siswa di SMAN 1 Kab. Tangerang. Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan akademik siswa di SMAN 1 Kab. Tangerang. Untuk mengetahui masalah dalam manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan akademik siswa di SMAN 1 Kab. Tangerang. Untuk mengetahui hasil dalam pengelolaan manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan akademik siswa di SMAN 1 Kab. Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu beberapa staf tata usaha serta wakasek di SMAN 1 Kab. Tangerang. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Perencanaan dalam manajemen tata usaha apa saja yang menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil perencanaan tersebut dan apa saja yang disiapkan oleh sekolah untuk pelaksanaan manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan akademik siswa. 2) Pelaksananaan manajemen tata usaha sudah menggunakan sistem digitalisasi dan teknologi cukup optimal, seperti melakukan survei kepuasan dengan memanfatkan sosial media. 3) Permasalahan yang ada seperti kuranganya sdm, fasilitas yang masih kurang memadai serta proses layanan akademik yang masih memerlukan waktu yang cukup lama. 4) Hasil pengelolaan manajemen tata usaha dalam penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa merasa puas dengan layanan akademik yang diberikan oleh manajemen tata usaha. Solusi yang bisa disampaikan oleh peneliti dari permasalahan penelitian yang didapat ini yaitu dengan cara melakukan supervisi dan evaluasi secara berkala, menambah sdm dan fasilitas yang kurang serta melakukan koordinasi dengan siswa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Manajemen tata usaha, layanan akademik siswa |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jul 2025 01:52 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jul 2025 01:52 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17088 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
