Al-Akhira, Ilma (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di SMAN 2 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210022_Cover.pdf Download (195kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210022_Lampiran Depan.pdf Download (287kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210022_Bab I.pdf Download (175kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210022_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (310kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210022_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (434kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210022_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (382kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210022_Bab V.pdf Download (87kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210022_Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan tes sebagai instrumennya dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMAN 2 Pandeglang. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan hasil belajar siswa pada hasil belajar kelas eksperimen mendapat skor nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50 dengan nilai rata-rata 85,6 dan untuk hasil belajar kelas kontrol nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 35 dengan nilai rata-rata 76,5 (2) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan keputusan uji t-test yaitu Jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jika nilai signifikansi (2-tailed) >0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Tabel uji independen sample t-test yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05 ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Model pembelajaran, problem based learning, hasil belajar, PAI |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 01 Jul 2025 05:19 |
| Perubahan Terakhir: | 01 Jul 2025 05:19 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17066 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
