Pengembangan Skala Phubbing Pada Mahasiswa

Febrianti, Rizka (2025) Pengembangan Skala Phubbing Pada Mahasiswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_211340199_Cover.pdf

Download (274kB)
[img] Teks
S_BKI_211340199_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_211340199_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_211340199_BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_211340199_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_211340199_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_211340199_BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Teks
S_BKI_211340199_Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstrak

Masalah phubbing semakin meningkat di kalangan mahasiswa, dipicu oleh tingginya ketergantungan pada smartphone dalam aktivitas sehari-hari. Phubbing merupakan perilaku di mana seseorang lebih fokus pada smartphone dibandingkan berinteraksi langsung dengan orang di sekitarnya. Perilaku ini berdampak negatif pada aspek sosial, serta aspek akademik, seperti menurunnya konsentrasi dan performa belajar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skala phubbing yang valid dan reliabel untuk mahasiswa. Metode yang digunakan adalah Design-Based Research (DBR) dengan mengacu pada model generik Reeves, melalui tiga tahap: (1) analisis dan eksplorasi, (2) desain dan konstruksi, serta (3) evaluasi dan refleksi. Sampel terdiri dari 384 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, dipilih dengan teknik convenience sampling atau accidental sampling. Skala yang dikembangkan didasarkan pada dimensi phubbing menurut Chotpitayasunondh & Douglas (2018), yaitu nomophobia, konflik interpersonal, isolasi diri, dan pengakuan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skala yang dikembangkan terdiri dari 40 item yang memiliki validitas dengan koefisien korelasi di atas 0,30 dan nilai reliabilitas sebesar 0,863, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, skala ini dinyatakan valid dan reliabel untuk mengukur perilaku phubbing pada mahasiswa, serta dapat digunakan sebagai instrumen dalam proses konseling untuk merancang intervensi yang tepat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Phubbing, Mahasiswa, Skala Pengukuran, Validitas, Reliabilitas
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan > 155.25 Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Jun 2025 06:33
Perubahan Terakhir: 25 Jun 2025 06:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17040

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.