Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Layanan Informasi dalam Membentuk Karakter pada Remaja (Studi di SMAN 4 Kota Serang)

Malyafazia, Rachma Saudah (2025) Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Layanan Informasi dalam Membentuk Karakter pada Remaja (Studi di SMAN 4 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520051_Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_BKI_201520051_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_BKI_201520051_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520051_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520051_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520051_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520051_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520051_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Media sosial berfungsi sebagai platform komunikasi yang sangat luas dan interaktif, memberikan peluang untuk menyebarkan informasi secara cepat, efisien, dan menjangkau banyak siswa secara serentak dalam membentuk karakter. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial terhadap pembentukan karakter siswa di SMAN 4 Kota Serang. 2) Untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan dalam pemberlakuan media sosial terhadap pembentukan karakter siswa di SMAN 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas X-10 SMAN 4 Kota Serang, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari februari sampai September 2024. Dengan jumlah subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas X-10. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Layanan informasi tentang pemanfaatan media sosial dalam membentuk karakter: Pemanfaatan media sosial, khususnya YouTube, dalam pembelajaran karakter siswa di SMA Negeri 4 Kota Serang memberikan dampak yang cukup positif. Siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam proses belajar mengajar, serta lebih mudah memahami materi melalui pendekatan visual. YouTube memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri, meningkatkan keterampilan belajar, serta memperkuat karakter positif seperti tanggung jawab, kejujuran, dan disiplin diri. Selain itu, siswa belajar mengontrol penggunaan perangkat digital untuk keperluan pendidikan, menjadikan mereka lebih fokus dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan media sosial. Secara keseluruhan, penggunaan YouTube dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga mendukung pembentukan karakter yang lebih baik. 2) Layanan informasi tentang hambatan pemanfaatan media sosial: Dalam penerapan YouTube sebagai media pembelajaran, terdapat beberapa hambatan yang sering dihadapi. Hambatan pertama adalah jaringan internet yang kurang stabil, yang sangat mempengaruhi kelancaran pembelajaran karena YouTube membutuhkan koneksi internet yang baik. Hambatan kedua adalah pemadaman listrik yang sering terjadi, menyebabkan terganggunya proses pembelajaran karena sebagian besar kegiatan bergantung pada listrik. Hambatan terakhir adalah keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah, di mana siswa harus membawa perangkat elektronik sendiri dari rumah untuk mendukung pembelajaran. Kurangnya perangkat yang memadai menjadi kendala utama dalam memanfaatkan YouTube secara efektif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemanfaatan media sosial, layanan informasi, pembentukan karakter
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan > 155.5 Psikologi Remaja
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Jun 2025 08:48
Perubahan Terakhir: 02 Jun 2025 08:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16928

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.