Mamnu'ah, Mamnu'ah (2022) Strategi MUI dalam Menanggulangi Berita Hoax Agama Islam (Studi Deskriptif di MUI Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_181510141_Cover.pdf Download (146kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510141_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510141_Bab I.pdf Download (231kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510141_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (546kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510141_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (104kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510141_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (246kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510141_Bab V.pdf Download (87kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510141_Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
Abstrak
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten merupakan sebuah organisasi yang berazaskan Islam, dimana merupakan wadah majelis yang menghimpun para ulama dan cendikiawan muslim melalui koordinasi gerak, langkah-langkah dan kegiatan umat Islam guna membangun masyarakat yang diridhai Allah SWT yang penuh rahmat. Dalam pembinaan umat Islam, MUI Provinsi Banten memiliki strategi sendiri khususnya dalam kegiatan penanggulangan berita hoax. Sehubungan dengan hal tersebut tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1)bagaimana cara MUI Provinsi Banten menanggulangi berita hoax? (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat menanggulangi berita hoax? Tujuan dari penelitian ini adalah yakni: (1) untuk mengetahi cara MUI Provinsi Banten menanggulangi berita hoax (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat menanggulangi berita hoax. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori citra, pablic relation adalah sebuah sistem komunikasi untuk membangun sebuah perilaku yang baik. Untuk membangun sebuah citra, kesan yang baik sebuah lembaga kepada pabliknya, maka yang dibutuhkan adalah memberikan informasi diantara lembaga dan pablik agar tidak terjadi perbedaan pandangan. Untuk waktu penelitian, peneliti melakukan penelitian kurang lebih satu bulan terhitung sejak bulan oktober sampai bulan november tahun 2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden dengan sifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu berasal dari wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap MUI Provinsi Banten. Kemudian data sekunder yang berasal dari berbagai dokumen, buku dan data pelengkap lainnya. Dari hasil penelitian ini ada bebrapa cara MUI Provinsi Bnaten menanggulangi berita hoax salah satunya dengan menyebarkan brosur melalui media dan ada beberpa faktor pendukung dan menghambat dalam menanggulangi berita hoax.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Berita hoax, MUI, strategi |
| Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.6 Organisasi Islam > 2x6.61 Majelis Ulama Indonesia |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 26 Mei 2025 07:45 |
| Perubahan Terakhir: | 26 Mei 2025 07:45 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16880 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
