Strategi Komunikasi Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten dalam Penyebarluasan Informasi Melalui Media Online

Nuraini, Holisatun (2024) Strategi Komunikasi Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten dalam Penyebarluasan Informasi Melalui Media Online. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510062_Cover.pdf

Download (211kB)
[img] Teks
S_KPI_201510062_Lampiran Depan.pdf

Download (855kB)
[img] Teks
S_KPI_201510062_Bab I.pdf

Download (337kB)
[img] Teks
S_KPI_201510062_Bab II.pdf

Download (680kB)
[img] Teks
S_KPI_201510062_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (323kB)
[img] Teks
S_KPI_201510062_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (591kB)
[img] Teks
S_KPI_201510062_Bab V.pdf

Download (194kB)
[img] Teks
S_KPI_201510062_Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstrak

Komunikasi merupakan kegiatan penyampaian pesan atau informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Kegiatan penyampaian pesan berkaitan dengan penyebarluasan informasi. Humas memiliki tugas dan kewajiban dalam penyebarluasan informasi. Humas bertugas untuk membina hubungan baik organisasi/lembaga dengan publiknya, serta menghindari terjadinya miss communication. Oleh sebab itu seorang praktisi Humas harus mempunyai strategi, dalam artian memiliki perencanaan yang sistematis dan logis, guna mencapai tujuan yang diinginkan. Pada saat menyusun suatu perencanaan atau konsep terkait strategi yang akan digunkan seorang Humas harus membuat informasi yang singkat, padat dan jelas, sehinggga informasi yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Strategi Komunikasi Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Dalam Penyebarluasan Informasi Melalui Media Online. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghamabat Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten dalam penyebarluasan informasi melalui media online. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, serta analisis isi menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Strategi Komunikasi Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Dalam Penyebarluasan Informasi Melalui Media Online, adalah: 1) Strategi of Publicity, yaitu mengoptimalkan penggunaan media online dan mengutamakan kecepatan dalam penyebarluasan informasi. 2) Strategi of Persuation, yaitu informasi yang disampaikan memiliki keunikan, kreatifitas dan sentuhan yang hangat terkait informasi keagamaan yang menarik hati masyarakat. 3) Strategi of Argumentation yaitu, informasi yang berkualitas, akurat sesuai dengan fakta dan data serta menanggukangi peristiwa negatif, guna mempertahankan citra baik lembaga. 4) Strategi of Image, yaitu isi berita yang informatif, edukatif dan inovatif, dan tepat sasaran. Faktor pendukung Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Dalam Penyebarluasan Informasi Melalui Media Online yaitu, profesionalitas, kekompakan team work, kemudahan narasumber, sarana prasarana kantor yang memadai, dan dapat memeliharanya dengan baik. Adapun faktor penghambatnya yaitu, adanya tumpang tindih tugas pokok dan fungsi, kurangnya sumber daya manusia, serta kondisi yang tidak dapat diprediksi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, humas, media online
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 10 Mar 2025 04:11
Perubahan Terakhir: 10 Mar 2025 04:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.