Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Di Yayasan Bina Masyarakat Indonesia Kota Cilegon

Maulidina, Syifa Nur (2024) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Di Yayasan Bina Masyarakat Indonesia Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520134_cover.pdf

Download (157kB)
[img] Teks
S_BKI_201520134_Lampiran Depan.pdf

Download (516kB)
[img] Teks
S_BKI_201520134_BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Teks
S_BKI_201520134_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (306kB)
[img] Teks
S_BKI_201520134_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (394kB)
[img] Teks
S_BKI_201520134_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (459kB)
[img] Teks
S_BKI_201520134_BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Teks
S_BKI_201520134_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Perilaku agresif adalah masalah yang kerap terjadi di lingkungan pendidikan, dan masyarakat salah satunya yaitu di anak yatim. Peneliti menemukan fenomena terkait perilaku agresif yang terjadi pada remaja. Perilaku agresif banyak terdapat pada remaja yaitu perilaku agresif verbal seperti menghina, berkata kasar, dan membentak, untuk perilaku agresif fisik seperti, berkelahi, memukul, dan merusak barang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perilaku agresif remaja di Yayasan Bina Masyarakat Indonesia?, 2) Bagaimana efektivitas konseling kelompok dengan teknik Assertive Training dalam mengurangi perilaku agresif remaja di Yayasan Bina Masyarakat Indonesia?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-postest design. Penelitian dilakukan di Yayasan Bina Masyarakat Indonesia Kota Cilegon, pelaksanaan penelitian pada bulan Oktober 2023 sampai Agustus 2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak remaja awal dengan jumlah keseluruhan sebanyak 40 orang. Adapun sampelnya yaitu berjumlah 8 orang remaja yang mempunyai perilaku agresif tinggi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu kuesioner skala perilaku agresif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon melalui bantuan program IBM SPSS versi 26.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) perilaku agresif sebelum diberikan konseling kelompok dengan teknik assertive training cenderung dalam kategori tinggi, dengan hasil skor pretest 842 mean 105,25, perilaku agresif setelah diberikan treatment konseling kelompok dengan teknik assertive training mengalami penurunan, terbukti dengan hasil posttest yang cenderung mengalami penurunan sebesar 509 dengan skor mean 63,625. 2) Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan treatment konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif dan dapat mengurangi perilaku agresif, hal ini diperkuat dengan hasil uji wilcoxon yang menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) perilaku agresif yaitu sebesar 0,012, dimana nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0,005 < 0,05) yang diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil nilai N Gain Score 730.5710 yang termasuk kategori perolehan nilainya efektif

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Asep Furqonuddin, S.Ag. M.M.Pd., Pembimbing II: k Dr. Yogi Damai Syaputra, M.Pd.,
Kata Kunci (keywords): Konseling Kelompok, Teknik Assertive Training, Perilaku Agresif
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: MM Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2025 06:29
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2025 06:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16441

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.