Shihab, Fajar (2022) Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250014_COVER..pdf Download (209kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250014_LAMPIRAN DEPAN..pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250014_BAB 1..pdf Download (416kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_181250014_BAB 2..pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (587kB) |
||
|
Teks
S_MPI_181250014_BAB 3..pdf Download (410kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_181250014_BAB 4..pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (479kB) |
||
|
Teks
S_MPI_181250014_BAB 5..pdf Download (191kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250014_DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (309kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan membahas manajemen pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah. Manajemen pembelajaran kitab kuning yang diterapkan di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah merupakan pondok pesantren yang tetap mempertahankan sistem salafiyah serta belum secara detail menerapkan pola manajemen pembelajaran kitab kuning dengan sistematis. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah 2) Bagaiamana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah 3) Bagaimana pengevaluasian di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok, wakil pengasuh pondok dan ustadzah Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah. Objek dari penelitian ini adalah manajemen pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah berakar pada kemampuan santrinya, jika santri masih awam dalam keilmuan pesantrennya maka akan disesuaikan dengan kitab-kitab yang mendasar. Begitupula dengan santri senior akan dilanjutkan dengan kitab-kitab yang lebih tinggi. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah dibagi menjadi dua sistem klasikal yaitu MTs (Ibtida) dan SMK (tsanawi), pembagian/perjenjangan belajar hanyalah merupakan pengelompokkan dalam belajar untuk bersama-sama mempelajari kitab yang sudah ditentukan dengan sistem pembelajarannya menggunakan sistem bandongan, sorogan dan hafalan. Adapun pengevaluasi pembelajaran kitab kuning di pondok pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadlul Jannah berorientasi pada ketuntasan materi, satu kitab dipelajari secara terus menerus dan berulang ulang hingga pada akhirnya santri memahami isi dan kandungan dari kitab yang dipelajarinya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Pembelajaran, Kitab Kuning |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 06 Sep 2022 03:41 |
Perubahan Terakhir: | 06 Sep 2022 03:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9137 |
Actions (login required)
Lihat Item |