Nurlailiyah, Nurlailiyah (2022) Efektivitas Alat Peraga Benda Tiruan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Haji untuk Siswa Kelas X (PTK di SMK Negeri 4 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210098_COVER.pdf Download (125kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210098_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (748kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210098_BAB I.pdf Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210098_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (350kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210098_BAB III.pdf Download (412kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210098_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (467kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210098_BAB V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210098_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini adalah guru kurang menggunakan alat peraga pada pelaksanaan pembelajaran dikelas, sehingga kurang nya minat belajar yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah, serta kurang maksimal dalam penerimaan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar siswa pada materi haji kelas X di SMK Negeri 4 Kota Serang melalui penggunaan alat peraga benda tiruan pada pelaksanaan pembelajaran.Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas X di SMK Negeri 4 Kota Serang dengan jumlah siswa 36 orang.penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga siklus dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan. Berdasarkan hasil penelitian selama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari penggunaan alat peraga benda tiruan pada pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan hasil belajar siswa meningkat, ini dapat terlihat dari hasil persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan pada meteri haji yaitu ≤75. Pada siklus 1 presentase siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 44% kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 88% dan pada siklus 3 menjadi 100%. Jadi, penggunaan alat peraga benda tiruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi haji di kelas X SMK Negeri 4 Kota Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Efektivitas Alat Peraga Benda Tiruan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Jul 2022 02:11 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jul 2022 03:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9082 |
Actions (login required)
Lihat Item |