Penerapan Metode Role Playing dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Hidayah Kadulawang Kab. Pandeglang

Qadaryah, Nida Nurhaliza (2022) Penerapan Metode Role Playing dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Hidayah Kadulawang Kab. Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102039_Cover.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102039_Lampiran Depan.pdf

Download (433kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102039_Bab I.pdf

Download (176kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102039_Bab II.pdf

Download (368kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102039_Bab III.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102039_Bab IV.pdf

Download (228kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102039_Bab V.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102039_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai Penerapan Metode Role Playing Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Latar Belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan karakter disiplin, dikarenakan melihat siswa yang sering melanggar tata tertib di sekolah. Karakter merupakan fondasi awal untuk menanamkan kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana “Penerapan Metode Role Playing Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Hidayah Kadulawang Kab. Pandeglang” permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs Al-Hidayah Kadulawang Kab. Pandeglang. Penelitian ini merupakan deskrptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh seperti hasil pengamatan, wawancara , catatan lapangan, dan tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan, bahwa peranan guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin siswa mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Hidayah Kadulawang Pandeglang, yaitu guru sebagai pendidik, pelatih, dan evaluator. Sedangkan metodenya dengan menggunakan metode role playing. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik kea rah yang lebih baik dengan mencerminkan kebiasaan mematuhi peraturan-peraturan yang ada di sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Role Playing, Karakter Disiplin
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Jul 2022 02:24
Perubahan Terakhir: 15 Jul 2022 02:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9078

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.