Salsabila, Naziha (2022) Penggunaan E-Learning Berbasis Microsoft 365 Teams sebagai Media Pembelajaran Fikih pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MAN 2 Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Naziha Salsabila. NIM. 171210104. dengan judul skripsi Penggunaan E-Learning Berbasis Microsoft 365 Teams sebagai Media Pembelajaran Fikih pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MAN 2 Tangerang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran fikih ditinjau dari segi SDM, materi/bahan ajar, infrastruktur dan mengetahui kendala serta solusi dengan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis microsoft 365 teams di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran fikih dengan media pembelajaran microsoft 365 teams. Sudah sangat baik dilaksanakan di MAN 2 Tangerang pada aplikasi microsoft 365 teams. (2) Faktor pendukung pembelajaran fikih dengan microsoft 365 teams yaitu kemampuan guru yang sudah memadai dan ketersediaan media serta perangkat keras oleh masing-masing individu. (3) Kendala yang ada yaitu guru belum maksimal dalam pemanfaatan berbagai fitur yang ada dalam microsoft 365 teams, interaksi yang dilakukan kurang interaktif, bahan ajar dan referensi yang kurang variatif dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran fikih cenderung itu-itu saja. Adapun kendala dari segi infrastruktur yaitu beberapa peserta didik kesulitan mendapatkan jaringan di daerahnya masing-masing. (4) Solusi yang dapat dilakukan diantaranya adalah, guru harus lebih interaktif dan membangun komunikasi yang lebih aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar serta lebih kreatif dalam metode pembelajaran yang dilaksanakan, kemudian guru membuat bahan ajar dengan lebih menarik dan variatif sehingga peserta didik dapat lebih tertarik. Hendaknya peserta didik lebih meningkatkan keaktifan dan bersemangat dalam kegiatan proses pembelajaran fikih supaya proses kegiatan belajar mengajar bisa dilaksanakan dengan maksimal. Solusi selanjutnya yaitu guru memberikan toleransi waktu untuk absensi dan pengumpulan tugas pada peserta didik yang mengalami kesulitan jaringan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | E-learning, Media Pembelajaran, Pembelajaran Fikih, Microsoft 365 Teams. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mar 2022 07:39 |
Perubahan Terakhir: | 16 Mar 2022 07:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8244 |
Actions (login required)
Lihat Item |