Ruminah, Ruminah (2021) Teknik Storytelling dalam Mengenalkan Moral pada Anak (Studi di Kampung Bojong Kacang, Kabupaten Pandeglang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi moral anak di Kampung Bojong Kacang, untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik storytelling dalam mengenalkan moral pada anak dan untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan teknik storytelling dalam mengenalkan moral pada anak. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 5 orang 3 perempuan dan 2 laki-laki yang berusia 6-8 tahun. Teknik storytelling dilakukan dengan beberapa tahapan; tahapan awal, tahap pertengahan, tahap peralihan, dan tahap pengakhiran. Melalui penerapan teknik storytelling ini cukup efektif digunakan dan bisa dilihat dari kemampuan responden untuk merubah tingkah laku yang awalnya selalu melakukan hal-hal yang buruk seperti sering berkata kasar dan jorok, sering berkelahi dan sering memaki-maki orang tua dengan kata-kata kasar. Setelah mendapat proses konseling terhadap lima responden, terdapat perubahan tingkah laku pada masing-masing responden. Namun ada dua orang responden yang masih melakukan tingkah laku yang sama sebelum di konseling.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Teknik Storytelling, Moral |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 24 Des 2021 03:48 |
Perubahan Terakhir: | 16 Apr 2024 04:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7813 |
Actions (login required)
Lihat Item |