Ardiyanti, Ardiyanti (2021) Pengembangan Modul Bergambar dalam Pembelajaran Fikih (Materi Haji dan Umrah) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII (Studi di MTs Negeri 2 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER,,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (17kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN,,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (400kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (339kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (470kB) |
||
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (399kB) |
||
Teks (BAB IV)
BAB IV,,.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (167kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (238kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Ardiyanti, NIM: 171210005, Judul Skripsi: Pengembangan Modul Bergambar dalam Pembelajaran Fikih (Materi Haji dan Umrah) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII (Studi di MTs Negeri 2 Kabupaten Serang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya dorangan atau motivasi peserta didik dalam proses belajar pada mata pelajaran Fikih, baik disekolah mau diluar sekolah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: bagaimana pelaksanaan, pengembangan, dan respon guru dan siswa terhadap modul Fikih. Tujuan dan manfaat penelitian ini ialah mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fikih, menghasilkan produk berupa bahan ajar yang berbentuk modul bergambar dan memberikan modul sebagai tambahan referensi, untuk melihat kelayakan modul bergambar berdasarkan respon dari 2 ahli materi, 1 ahli media, 2 praktisi pendidik, dan respon dari peserta didik terhadap modul bergambar yang telah dikembangkan. Pengembangan ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) teori Borg and Gall. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara, tes atau evaluasi, angket, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 326 siswa, dan diambil sampel hanya berjumlah 35 siswa secara acak atau campuran. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan modul yang divalidasi dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Hasil penilaian berdasarkan penilaian kelayakan dari ahli materi terhadap modul bergambar memperoleh presentase sebesar 89% “Sangat Baik”, dan penilaian kelayakan dari ahli media terhadap modul bergambar memperoleh presentase sebesar 76% “Baik”. Hasil respon penilaian dari guru mendapatkan presentase sebesar 87% “Sangat Baik” dan hasil respon siswa mendapatkan presentase sebesar 78% “Setuju/Layak”. Hasil penilaian Pre Test dari jumlah keseluruhan memperoleh presentase 60% “Cukup”. Maka dari itu siswa kelas VIII harus dilakukan Post Test. Hasil penilaian Post Test dari jumlah keseluruhan memperoleh presentase 76% “Tinggi”.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modul Bergambar; Pemebelajaran Fikih; Hasil Belajar; |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 29 Okt 2021 02:34 |
Perubahan Terakhir: | 12 Sep 2022 08:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7234 |
Actions (login required)
Lihat Item |