Septiani, Heni (2021) Peran Keluarga dalam Membiasakan Kerja Sama Anak melalui Bermain di Kp. Parakan Ds. Banyumas Pandeglang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (100kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (369kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (202kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (409kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (324kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (374kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (149kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (147kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Heni Septiani. NIM 161260001. 2020. Peran Keluarga dalam Membiasakan Kerja Sama Anak melalui Bermain di Kp. Parakan Ds. Banyumas Pandeglang Banten. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peran keluarga dalam membentuk kerja sama anak, dan untuk mengetahui hambatan keluarga dalam membentuk kerja sama anak di kp. Parakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dan orang tua anak. Teknis analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahapan diantaranya: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membentuk kerja sama anak yang diterapkan oleh orang tua di kp. Parakan dengan cara merintah anak atau mencontohkan untuk saling membantu dalam segala kegiatan. Simpulannya yaitu peran keluarga dalam membentuk kerja sama anak dengan cara saling membantu, saling gotong royong, dan saling berbagi. Namun, peran orang tua dalam memperhatikan anak ketika sedang bermain perlu ditingkatkan lagi, karena dengan bermain bersama nilai kerja sama anak itu sangat dibutuhkan. Dan hambatan yang dialami yaitu karena kondisi prilaku anak yang masih belum stabil dan orang tua harus terus membiasakannya dalam menghadapi prilaku anak tersebut. Saran untuk peran keluarga dalam menumbuhkan rasa kerja sama anak perlu di sesuaikan sesuai indikator kemampuan, dan harus tetap memperhatikan anak, dan perlu di stimulasi seperti mengenalkan permainan-permainan yang bersifat kelompok, menunjukkan rasa kasih sayang, menunjukkan sikap gotong royong, sikap saling berbagi, dan sikap kesungguhan hati dalam membantu orang lain sehingga kemampuan kerja sama anak dengan temannya berkembang dengan optimal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Keluarga, Membiasakan Kerja Sama Anak, Melalui Bermain |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Apr 2021 07:18 |
Perubahan Terakhir: | 29 Apr 2021 07:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6631 |
Actions (login required)
Lihat Item |