MASTUROH, IMAS (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Rawa Kidang Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
cover skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (120kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1 SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (105kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB 2 SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (299kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB 3 SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (473kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB 5 SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika merupakan upaya menjembatani pola berpikir siswa tingkat SD/MI yang masih dalam tahap konkret dengan objek kajian matematika yang bersifat abstrak. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah geoboard. Alat peraga ini dapat digunakan untuk pembelajaran geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga geoboard terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan geometri di Kelas IV SDN Rawa Kidang dan apakah pengaruh tersebut signifikan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen, sedangkan desain penelitiannya menggunakan one group design, dengan sempel 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk tes pilihan ganda, validitas isi, dan reliabilitas menggunakan KR 20. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test yang sebelumnya telah diketahui normalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga geoboard memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari skor rata-rata yang diperoleh siswa sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) dan sesudah mendapatkan perlakuan (posttest), yaitu 31,250 > 58,125. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan alat peraga geoboard terhadap hasil belajar matematika. Hal ini menunjukan bahwa dengan penggunaan alat peraga geoboard lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikansi penggunaan alat peraga geoboard terhadap hasil belajar siswa, hasil perhitungan uji-t dapat dikatakan terdapat perbedaan antara hasil pretest dan hasil posttest, berarti ada perbedaan sebelum mendapatkan perlakuan (treatment) dan sesudah mendapatkan perlakuan (treatment) menggunakan alat peraga geoboard.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Alat Peraga Geoboard, Hasil belajar. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jul 2017 05:57 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jul 2017 05:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/637 |
Actions (login required)
Lihat Item |