HUBUNGANPERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR QURĀN ḤADĪṠ SISWA KELAS IX (Studi di MTsN 1 Pandeglang)

MAYASARI, MAYASARI (2017) HUBUNGANPERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR QURĀN ḤADĪṠ SISWA KELAS IX (Studi di MTsN 1 Pandeglang). Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI "SMH" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
Cover tesis jadi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (85kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I tesis jadi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (36kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II tesis.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (127kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III tesis jadi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (63kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V tesis jadi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (28kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA tesis.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks (DAFTAR RIWAYAT HIDUP)
DAFTAR RIWAYAT HIDUP tesis.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB)

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan perubahan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam mengelola proses pembelajaran Qurān Ḥadîṡ di MTsN 1 Pandeglang, sebagai respon dari melemahnya hasil belajar siswa. Guru di madrasah-madrasah pada umumnya menempatkan siswanya sebagai objek belajar yang berperan sebagai penerima informasi secara pasif, dan siswa lebih banyak belajar secara individual dengan menerima, mencatat, dan menghafal materi pelajaran saja, dan belum menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Faktor strategi pembelajaran dalam menyajikan materi pelajaran yang kurang menarik patut dicatat sebagai salah satu factor penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1). Seberapa besar tingkat hasil belajar Qurān Ḥadîṡ siswa? 2). Seberapa besar tingkat implementasi model blanded learning guru? 3). Seberapa besar tingkat motivasi belajara siswa? 4). Apakah terdapat hubunganModel Blanded Learning dengan hasil belajar Qurān Ḥadîṡ di MTsN 1 Pandeglang? 5). Apakah terdapat hubungan motivasi belajar siswa pada mata pelajaranQurān Ḥadîṡ di MTsN 1 Pandeglang? 6). Apakah terdapat hubungan Model Blanded Learning dan Motivasi Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Qurān Ḥadîṡ di MTsN 1 Pandeglang? Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat Pembelajaran Model Blended Learning, 2) tingkat motivasi belajar, 3) tingkat hasil belajar Qurān Ḥadîṡ, 4) Pengaruh Pembelajaran Model Blended Learning terhadap hasil belajar, 5) motivasi belajar terhadap hasil belajar, 6) Hubungan Pembelajaran Model Blended Learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar Qurān Ḥadîṡ. Metode penelitian adalah survei kuantitatif menggunakan analisis korelasional dan regresional.Populasi berjumlah 120 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan poroporsional.Sampel sebanyak 30 orang siswa. Data variabel Pembelajaran Model Blended Learning dan motivasi belajar diperoleh melalui angket, data hasil belajar menggunakan dokumen hasil pre test.Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan Alpha Cronbach.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pembelajaran Model Blended Learning adalah efektif mencapai 77,78%; kedua, tingkat motivasi belajar adalah baik mencapai 67,40%; ketiga, tingkat hasil belajar adalah tinggi mencapai 88,33%; keempat,) Hubungan Pembelajaran Model Blended Learningdengan hasil belajar, pengaruhnya sebesar19%; kelima, terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar,pengaruhnya sebesar 22%; keenam, terdapat Hubungan Pembelajaran Model Blended Learning dan Motivasi Belajar dengan hasil belajar, hubungannya sebesar 31%. Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan melalui efektivitas Pembelajaran Model Blended Learning dan peningkatan motivasi belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Persepsi,blended learning, motivasi,hasil belajar.
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.3 Kumpulan Hadist menurut bidang tertentu. > 2x2.373 Hadist mengenai pendidikan Islam
Divisi: Magister
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2017 05:57
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2017 05:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.