Thoyibah, Thoyibah (2016) Hubungan Kemampuan Pengelolaan Pembelajaran dan Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jiput). Magister thesis, IAIN SMH BANTEN.
|
Teks
Bab I.pdf Download (328kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Peranan guru sebagai pengelola proses pembelajaran sangat menentukan kualitas proses belajar, yang pada akhirnya akan bermuara pada kualitas hasil belajar. Kualitas hasil belajar salah satunya dipengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang rendah, terlihat dari hasil belajar PAI kelas VIII belum mencapai KKM, Begitu juga dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang aktif bertanya, berbicara dengan teman ketika belajar, tidak mengerjakan PR. Hal ini diperkirakan akibat kemampuan pengelolaan pembelajaran dan kreativitas guru kurang baik. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran guru PAI (X1) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Y, (2) hubungan kreativitas mengajar guru PAI (X2) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Y), (3) hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran guru PAI (X1) dan kreativitas mengajar guru PAI (X2) secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Y). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, Jenis penelitian survei, dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini 224 siswa, menggunakan teknik random sampling presisi 5% diperoleh sampel sebesar 144. Instrumen pengumpul data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat hubungan antara kemampuan pengelolaan pembelajaran guru PAI (X1) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Y, dengan nilai rxy = 0,509 > rtabel 0,159, koefisien korelasi parsial sebesar 0,355, koefisien determinasi 25,9%, (2) terdapat hubungan antara kreativitas mengajar guru PAI (X2) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Y), dengan nilai rxy = 0,433 > rtabel 0,159, koefisien korelasi parsial sebesar 0,204 dengan koefisien determinasi 18,7%. (3) terdapat hubungan antara kemampuan pengelolaan pembelajaran guru PAI (X1) dan kreativitas mengajar guru PAI (X2) secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Y), dengan nilai rxy = 0,538 > rtabel 0,159, koefisien determinasi 29%. Jadi semakin baik kemampuan pengelolaan pembelajaran dan kreativitas guru PAI semakin tinggi pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Simpulan penelitian ini adalah seluruh variabel bebas yaitu kemampuan pengelolaan pembelajaran dan kreativitas mengajar guru PAI memiliki hubungan dengan motivasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran bagi guru agar lebih meningkatkan kemampuan dan kreativitasnya dalam proses membelajarkan agar motivasi belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Pengelolaan, Kreativitas, Pembelajaran, Motivasi, PAI
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | A User |
Tanggal Disetorkan: | 02 Mar 2017 07:07 |
Perubahan Terakhir: | 06 Mar 2024 08:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/61 |
Actions (login required)
Lihat Item |