PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KERJA SAMA DI LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PTK di Kelas III SDN Sukasari 1 Desa Sukasari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang

MAYASARI, SITI PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KERJA SAMA DI LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PTK di Kelas III SDN Sukasari 1 Desa Sukasari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks (COVER)
Cover.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (259kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (78kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (126kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (63kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (36kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (41kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk menerapkan model Problem Based Instruction pada aktivitas belajar siswa kelas III SDN Sukasari 1 dan Aktivitas guru pada materi kerjasama di lingkungan sekolah 2) Untuk mengetahui penerapan model Problem Based Instruction dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Sukasari 1 pada materi kerja sama di lingkungan Sekolah 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Sukasari 1 pada materi kerja sama di lingkungan Sekolah melalui model Probem Based Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang diperoleh dari 27 siswa Kelas III SDN Sukasari 1 Pulosari Pandeglang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Dibuktikan pada siklus 1 nilai aktivitas siswa mencapai 80% sedangkan pada siklus 2 mencapai 97,77%. Terdapat peningkatan nilai aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 17,77%. Pada tahap pra tindakan 48,15% siswa mencapai nilai 65. Setelah dilaksanakan penelitan pada siklus I, diketahui bahwa 59,26% siswa mencapai nilai 65. Pada siklus II, diketahui 70,37% siswa mencapai nilai 65. Terdapat peningkatan 11,11% dari siklus ke siklus II.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peningkatan Hasil Belajar, Model Problem Based Instruction
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2017 05:55
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2017 05:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.