Fauzi, Anis and Hasbullah, Hasbullah and Anwar, Aep Saepul (2016) Edisi Revisi Pengantar Metodologi Studi Islam. Lembaga Penerbitan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Banten. ISBN 978-602-340-026-3
|
Teks
COVER.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
|
Teks
DAFTAR ISI.doc Download (360kB) |
||
Teks
PENGANTAR METODOLOGI STUDI ISLAM.doc Download (998kB) |
Abstrak
Manusia sebagai makhluk paling sempurna di antara makhluk-makhluk lain mampu mewujudkan segala keinginan dan kebutuhannya dengan potensi akal yang dimilikinya. Namun di samping itu manusia juga mempunyai kecenderungan untuk mencari sesuatu yang mampu menjawab segala pertanyaan yang ada dalam benaknya. Segala keingintahuan itu akan menjadikan manusia gelisah dan kemudian mencari pelampiasan dengan timbulnya tindakan irasionalitas. Akhirnya muncul berbagai penyimpangan-penyimpangan terhadap nilai-nilai ajaran Islam terjadinya pemujaan terhadap benda-benda merupakan bukti adanya keingintahuan manusia yang diliputi oleh rasa takut terhadap sesuatu yang tidak diketahuinya. Petunjuk-petunjuk mengenai berbagai kehidupan manusia, sebagaimana terdapat di dalam sumber ajarannya, Al-Qur’an dan hadist, tampak amat ideal dan agung. Islam mengajarkan kehidupan yang dinamis dan progresif, menghargai akal fikiran melalui ilmu pengetahuan dan tekhnologi, bersikap seimbang dalam memenuhi kebutuhan material dan spiritual senantiasa mengembangkan kepeduliaan sosial, menghargai waktu, bersikap terbuka, demokratis, beroroientasi pada kualitas, egaliter, kemitraan, anti-seodalistik, mencintai kebersihan, mengutamakan persaudaraan, berakhlak mulia, dan sikap-sikap positif lainnya.
Tipe Item/Data: | Buku |
---|---|
Informasi Tambahan: | BIODATA PENULIS Ada di halaman 150 - 152 |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 08 Jun 2017 07:19 |
Perubahan Terakhir: | 06 Mar 2024 08:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/579 |
Actions (login required)
Lihat Item |