Wardah, Eva Syarifah KAJIAN KONDISI FISIK DAN SELUK-BELUK PERNASKAHAN (KODIKOLOGI). JURNAL TSAQOFAH. ISSN 1412-6478
|
Teks (KAJIAN KONDISI FISIK)
kajian kondisi fisik.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Filologi merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari segala aspek di dalam naskah dan teks tulisan tangan sebagai produk budaya masa lampau, termasuk di dalamnya mempelajari kandungan isi. Upaya filologi dilakukan karena karya-karya tersebut dianggap menginformasikan buah pikiran, perasaan, dan informasi berbagai segi kehidupan yang pernah ada dan berguna. Dengan kata lain, bahwa karya-karya tulisan masa lampau tersebut hakekatnya merupakan produk budaya dari kegiatan manusia dalam menghadapi realitas. Objek kajian filologi adalah naskah dan teks. Ilmu yang mempelajari seluk-beluk fisik naskah disebut dengan istilah "kodikologi". Dengan demikian kodikologi merupakan salah satu cabang ilmu filologi yang mempelajari seluk-beluk fisik naskah (kodeks), yaitu bahan yang bertulisan tangan atau manuskrip. Sedangkan ilmu yang mempelajari kandungan isi. Teks adalah "tekstologi", antara lain meneliti penjelmaan dan penurunan teks sebuah karya sastra, penafsiran, dan pemahamannya. Ilmiah sebabnya filologi diidentifikasikan sebagai studi mengenai naskah dan teks sebagai peninggalan masa lampau dengan segala aspeknya.
Tipe Item/Data: | Artikel |
---|---|
Informasi Tambahan: | Penulis adalah dosen jurusan Sejarah Peradaban Islam Fakultas Ushuluddin adab Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi No. HP AN. Eva Syarifah Wardah 08179101622 |
Kata Kunci (keywords): | filologi; kodikologi; naskah |
Subjek: | 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Peradaban Islam |
User Penyetor: | Ainun Najah |
Tanggal Disetorkan: | 20 Okt 2020 15:57 |
Perubahan Terakhir: | 20 Okt 2020 15:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5673 |
Actions (login required)
Lihat Item |