Mahdiah, Iim (2020) Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Sesuai Kurikulum 2013 Di SDN Tanagara. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Teks
COVER.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (57kB) |
|
Teks
Abstrac IIM.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (69kB) |
|
Teks
BAB 1.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (36kB) |
|
Teks
BAB 2.docx Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (85kB) |
|
Teks
BAB 3.docx Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (72kB) |
|
Teks
BAB 4.docx Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (46kB) |
|
Teks
BAB 5.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) |
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (30kB) |
Abstrak
Iim Mahdiah, NIM: 161240062, 2020. Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Sesuai Kurikulum 2013 Di SDN Tanagara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penilaian autentik yang dilakukan oleh guru di SDN Tanagara dan untuk mengetahui aspek yang menjadi kendala dalam mengimplementasikan penilaian autentik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru SDN Tanagara. Instrumen penelitian peneliti, pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan miles dan huberman yaitu meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik sesuai kurikulum 2013 di SDN Tanagara, guru sudah memiliki pengetahuan mengenai penilaian tersebut namun dalam praktek di lapangan, penguasaan serta pengaplikasian yang dilakukan guru masih belum maksimal dan masih banyak kendala. Impelementasi penilaian autentik yang dilakukan guru di SDN Tanagara meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan penilaian autentik belum sesuai dengan standar penilaian dan belum maksimal. Aspek yang menjadi kendala dikelompokkan menjadi 2 yaitu aspek internal dan aspek eksternal. Yang termasuk kedalam aspek internal yaitu (1) latar belakang guru, (2) pengetahuan serta penguasaan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik yang berbeda-beda, dan (3) pengalaman guru. Adapun yang termasuk aspek eksternal ialah (1) sarana dan prasarana terkait implementasi penilaian autentik di SDN Tanagara belum maksimal dan belum sesuai dengan peraturan pemerintah yang baru, (2) sistem penilaian yang beragam teknik yang dilakukan sehingga tidak setiap penilaian itu muncul dan tidak selesai pada waktu pembelajaran dengan kata lain membutuhkan waktu yang banyak dan (3) kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran kurikulum 2013, peserta didik kurang memahami pembelajaran pada kurikulum tersebut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Implementasi Penilaian Autentik |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 19 Okt 2020 07:46 |
Perubahan Terakhir: | 19 Okt 2020 07:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5669 |
Actions (login required)
Lihat Item |