Kusumawati, Indri (2020) Peran K.H. Achmad Dahlan Achyad Dalam Taswirul Afkar Tahun 1918-1942. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (41kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (247kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (260kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (258kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (265kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (257kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Indri Kusumawati, NIM: 133500388, Judul Skripsi Peran K.H. Achmad Dahlan Achyad Dalam Taswirul Afkar Tahun 1918-1942, jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Ushuluddin dan Adab, Universitas Islam Negeri Banten, Tahun 1441 H /2019 M. Taswirul Afkar berdiri pertama kali pada tahun 1918 yang didirikan K.H. Wahab Hasbullah, K.H. Mas Mansur, dan K.H. Ahmad Dahlan Achyad di Surabaya. Pada awal berdirinya Taswirul afkar hanya merupakan suatu wadah forum diskusi yang kemudian menjadi lembaga pendidikan madrasah Taswirul Afkar. Pada tahun 1918 Indonesia di kuasai oleh Pemerintah Kolonial Belanda, kekuasaan Kolonial Belanda ini menyebabkan banyak penderitaan yang dirasakan oleh rakyat pribumi, termasuk penderitaan tidak bisanya mengenyam pendidikan, pendidikan hanya dapat dirasakan oleh rakyat pribumi golongan atas saja, oleh karena itu Taswirul Afkar berdiri dilatarbelakangi oleh kondisi pendidikan Indonesia saat itu khususnya wilayah Jawa. Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana Biografi KH. Achnad Dahlan Achyad? (2). Bagaimana Sejarah Berdirinya Taswirul Afkar ? (3). Bagaimana Peran K.H Achmad Dahlan Achyad dalam Taswirul Afkar? Tujuan penelitian ini adalah untuk : Memberikan Deskripsi Tentang : (1). Biografi KH. Achmad Dahlan Achyad. (2). Latar belakang berdirinya Taswirul Afkar. (3). Peran K.H Achmad Dahlan Achyad dalam Taswirul Afkar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Sejarah. Dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: Pemilihan Topik,Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi dan Histriografi. Kesimpulan penelitian ini berkesimpulan bahwa berdirinya Taswirul Afkar merupakan salah satu bentuk perlawanan terhadap Pemerintah Kolonial Belanda. Kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Kolonial Belanda dalam bidang pendidikan melalui politik etis mendorong para ulama atau tokoh pejuang lainnya untuk mendirikan suatu lembaga atau organisasi dalam rangka pergerakan nasionalisme melawan penjajah. K.H. Ahmad Dahlan adalah salah satu tokoh pendiri Taswirul Afkar. K.H. Ahmad Dahlan Ahyad lahir pada tanggal 30 Oktober 1885 M bertepatan dengan 13 Muharam 1303 H di Kebondalaem Surabaya. Selain mendirikan, K.H. Ahmad Dahlan Achyad juga berperan sebagai salah satu orang yang mengembangkan Taswirul Afkar dengan menjadikan Taswirul Afkar Masdrasah Islamiyah dan mengantarkan Taswirul Afkar menuju idependensi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | ?? 2x9.7 ?? |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Peradaban Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 01 Sep 2020 06:36 |
Perubahan Terakhir: | 01 Sep 2020 06:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5535 |
Actions (login required)
Lihat Item |