Nurjanah, Siti (2020) Dakwah di Kalangan Ibu Muda dalam Menerapkan Pendidikan Islam di Keluarga (Majlis Ta’lim Al-Mubtadiin Kampung Sondol Desa Kolelet Kecamatan Rangkasbitung). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (116kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (389kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (278kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (363kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (328kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (352kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Dakwah merupakan suatu kegiatan yang berfungsi untuk melakukan perubahan kehidupan manusia ke arah yang lebih baik, berdasarkan ketentuan ajaran Islam. Pendidikan Islam dalam keluarga merupakan proses pembentukan kepribadian Islam pada anak. Diperlukan peran dan tanggung jawab orang tua sebagai pendidik utama dalam mendidik anak dengan baik. Dalam sekian permasalahan penting yang ada, salah satunya ialah terealisasinya ajaran Islam terhadap golongan muda dan rumah tangga. Maka dari sekian permasalah yang ada dapat dirumuskan sebagai berikut, materi apa saja yang diajarkan di Majlis Ta’lim Al-Mubtadiin di kalangan ibu-ibu muda, bagaimana metode yang diajarkan di Majlis Ta’lim Al-Mubtadiin di kalangan ibu-ibu muda dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pengajian di Majlis Ta’lim Al-Mubatdiin di Kampung Sondol Desa Kolelet Kecamatan Rangkasbitung Lebak Banten dalam menjalankan dakwah di kalangan ibu-ibu muda. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui metode dan materi yang diajarkan di Majlis Ta’lim Al-Mubtadiin dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengajian (Majlis Ta’lim Al-Mubatdiin) daerah Rangkasbitung Lebak Banten dalam menjalankan dakwah di kalangan ibu-ibu muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa materi yang diajarkan dai kepada jamaah terdapat 2 materi yaitu materi umum berupa pembacaan sholawat, pembacaan yasin, tahlil dan materi tentang akhlak dan tauhid dan materi khusus yaitu fiqih ibadah dan fiqih rumah tangga. Metode dakwah yang digunakan di Majlis Ta’lim AlMubtadiin yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi dan metode karya wisata. Faktor pendukungnya ialah tingginya kesadaran beragama di kalangan ibu-ibu muda, penyelenggaraan waktu pengajian terjadwal, adanya hidangan, pendanaan mandiri, mudahnya penyampaian materi kepada jamaah dan tingginya perhatian dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang memadainya sarana dan prasarana, urusan rumah tangga yang tidak bisa ditinggalkan, manajemen yang sederhana, tidak disiplin waktu
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Dakwah Ibu Muda Pendidikan Islam |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.36 Pendidikan wanita |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 10 Aug 2020 07:13 |
Perubahan Terakhir: | 26 Mar 2024 02:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5397 |
Actions (login required)
Lihat Item |