Tazkiyah, Yayah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. (Studi Eksperimen di SMK Negeri 1 Puloampel Kabupaten Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (136kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (493kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I Yayyah Tesis.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (331kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II Yayah.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (552kB) |
||
Teks
BAB III Yayah.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (389kB) |
||
Teks
BAB IV Yayah.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (997kB) |
||
|
Teks
BAB V Yayah.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (165kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Yayah Tazkiyah, NIM: 182101129, Judul Tesis : Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. (Studi Eksperimen di SMK Negeri 1 Puloampel Kabupaten Serang) Proses pembelajaran merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh seorang pendidik agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan. Proses pembelajaran tersebut akan menentukkan sejauh mana tingkat pemahaman para peserta didik dalam menerima materi sehingga akan berdampak pada hasil belajar. Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) peserta didik mendapatkan pemahaman yang lebih baik, lebih tertarik pada suatu pengetahuan, dan membuka kemungkinan memberikan pembelajaran bagi peserta didik untuk saling bertukar pendapat dan memberikan informasi dengan bahasa mereka sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel. (2) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel. (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel (2)Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Negeri 1 puloampel. (3) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 96 siswa di SMKN 1 Puloampel Kabupaten Serang T.P. 2019/2020. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa dimana 32 siswa sebagai kelompok eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan 32 siswa sebagai kelompok yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar PAI dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data yang terkumpul diolah secara statistik menggunakan SPSS versi 20.0 dan teknik analisis varians (anova) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel Kabupaten Serang belum berjalan dengan baik, masih terbatas kompeten pelaksanaannya artinya kemampuan guru belum secara utuh dalam mengolah pembelajaran. (2)Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel masih rendah karena orientasi guru mengajar masih berpusat pada pendidik (teacher centered)(3) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PAI, dengan nilai Sig. = 0,049 < 0,05 dan Fhitung = 4,025.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: Model Pembelajaran Problem-Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis, Hasil Belajar PAI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Aug 2020 08:11 |
Perubahan Terakhir: | 05 Aug 2020 08:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5352 |
Actions (login required)
Lihat Item |