Tarihoran, Naf’an and Adriadi, Ade (2016) PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI I CIRUAS SERANG. Saintifika Islamica : Jurnal Kajian Keislaman, 3. pp. 15-38. ISSN 2407 - 053X
|
Teks
PEMBELAJARAN Problem Based Learning.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Artikel ini berasal dari hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh Metode pembelajaran terhadap hasil belajar PAI; 2)pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI; 3) pengaruh interaksi antara Metode pembelajaran dan Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PAI; 4) pengaruh siswa yang menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang menggunakan metode ceramah terhadap hasil belajar PAI; 5) pengaruh siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah terhadap h asil belajar PAI. Penelitian ini dimulai dari bulan April 2015 sampai dengan bulan Juli 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, penelitian ini menggunakan model desain faktorial 2 x 2, kemudian penelitian ini mengggunakan dua kelo mpok yiatu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol atau kelompok pembanding,sampel penelitian ini sebanyak 36 siswa untuk kelas eksperimen atau yang menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan 36 siswa untuk kelas kontrol atau yang menggunakan me tode ceramah. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai rata - rata dari kelompok eksperimen sebesar adalah 83,28 dengan simpangan baku 6.055 dan varian sebesar 36.663, sedangkan rata - rata hasil belajar yang menggunakan metode ceramah adalah 75,92 dengan simpangan baku 5.500, varian sebesar 30.250. Skor tertinggi hasil belajar PAI dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah 94 dan nilai terendah adalah 71 sedangkan skor tertinggi pada kelas dengan menggun akan metode ceramah adalah 86 dan terendahnya adalah 66. Rerata skor motivasi belajar dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) adalah 102.44 dengan simpangan baku 9.330 dan varian sebesar 87.054 sedangkan rerata skor motivasi belajar dengan menggunakan metode ceramah adalah 102.33 dengan simpangan baku 7.830 dan varian sebesar 61.314 skor tertinggi pada kelas yang belajar dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) adalah 127 dan terendahnya 87 sedangkan skor tertinggi pada kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan metode ceramah adalah 121 dan terendahnya 91 Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik bila dibandingkan motivasi belajar siswa yang me nggunakan metode ceramah
Tipe Item/Data: | Artikel |
---|---|
Informasi Tambahan: | Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman |
Kata Kunci (keywords): | Metode Peroblem Based Learning (PBL), Motivasi dan Hasil Belajar |
Subjek: | 2x0 ISLAM (Umum) > 2x0.0-12.9 Islam dan Ilmu Pengetahuan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 10 Feb 2020 07:01 |
Perubahan Terakhir: | 10 Feb 2020 07:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5063 |
Actions (login required)
Lihat Item |