Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Perspektif Multikultural

Tarihoran, Naf’an (2017) Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Perspektif Multikultural. Saintifika Islamica, 4/1 (4). pp. 37-58. ISSN 2407-053X

[img]
Pra Tinjau
Teks (artikel jurnal)
ENGLISH LEARNING MODEL BASED ON MULTICULTURAL PERSPECTIVE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Artikel ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan model silabus bahasa Inggris yang berperspektif multikultural. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengambil Mahasiswa sebagai responden yang dipilih secara acak. Data diambil dengan menggunakan angket, wawancara dan analisis dokumen silabus. Angket diberikan kepada mahasiswa dan wawancara terstruktur dilakukan kepada Dosen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif dan teknik analisis isi. Hasil Penelitian ditemukan bahwa silabus bahasa Inggris yang digunakan di menggunakan silabus gramatikal, dan pembelajaran berfokus pada grammatikal. Pengajaran bahasa Inggris di PAI lebih ditekankan pada bentuk pengajaran gramatika bahasa. Berdasarkan hasil analisis isi dokumen silabus dan kebutuhan mahasiwa, maka dikembangkan silabus bahasa Inggris dengan mengintekrasikan persfektif multikultural dalam topik, materi ajar dan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa, dosen dan pakar memiliki persamaan persepsi positif terhadap silabus yang dikembangkan dan dapat meningkatkan keahlian bahasa Inggris mahasiswa

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Multikultural, Silabus dan Pembelajaran Bahasa Inggris
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 23 Jan 2020 02:31
Perubahan Terakhir: 18 Aug 2023 05:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4970

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.