Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Mu’amalah Cilegon

Jeniaros, Risma (2020) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Mu’amalah Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (64kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (375kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (146kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
4. BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (220kB)
[img] Teks
5. BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (172kB)
[img] Teks
6. BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
7. BAB V.pdf

Download (78kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (83kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama Risma Jeniaros, NIM 151500296, Judul Skripsi: Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Mu’amalah Cilegon. Kualitas layanan merupakan salah satu penentu keberhasilan penjualan dalam perusahaan terutama perusahaan jasa seperti perbankan. Demi kesetiaan (loyalitas) nasabahnya perusahaan harus selalu siap menghadirkan kualitas layanan yang baik ditengah permintaan layanan yang semakin tinggi. Dengan persaingan dunia perbankan yang semakin ketat yang berada ditengah kawasan perindustrian, kondisi ini membuat pihak Bank Mu’amalah Cilegon dituntut untuk berpikir keras agar dapat menghadapi persaingan tersebut dengan selalu memberikan terobosan baru, termasuk dalam hal pemberian pelayanan pada para nasabah. Pemberian pelayanan yang berkualitas merupakan hal mutlak yang perlu dilakukan oleh perusahaan, dalam hal ini adalah pihak perbankan bila ingin pencapai keberhasilan karena jika kualitas diperhatikan, maka loyalitas pelanggan akan lebih mudah diperoleh. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat pengaruh signifikan pada kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mu’amalah Cilegon? 2) Seberapa besar pengaruh layanan terhadap loyalitas nasabah Bank Mu’amalah Cilegon? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan pada kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah Bank Mu’amalah Cilegon 2) Untuk mengukur seberapa besar pengaruh layanan terhadap loyalitas nasabah Bank Mu’amalah Cilegon Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesionersebanyak 97 responden. Metode analisis data yang digunakan meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Normalitas, Heteroskedastisitas), Uji Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji Koefisien Korelasi, UJi Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis dengan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu (3.774 > 1,66105) serta nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu (0,000 < 0,05). Dengan demikian, semakin baik kualitas layanan yang diberikan bank, maka semakin meningkat pula loyalitas para nasabahnya. Sedangkan berdasarkan pengujian data secara statistik melalui analisis koefisien korelasi diperoleh hasil sebesar 0,361 yang berarti tingkat hubungan anatara variabel kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah adalah rendah, dikarenakan berada dalam interval koefisien korelasi (0,20-0,339). Adapun hasil dari nilai analisis koefisien determinasi (R²) diperoleh sebesar 0,130 atau 13%. Hal ini berarti variabel (X) kualitas layanan mempengaruhi variabel (Y) loyalitas nasabah sebesar 13% sedangkan sisanya 87% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas oleh penelitian ini

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Itang, M.Ag. 2. Aan Ansori, M.Kom.
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci: Kualitas Layanan, Loyalitas Nasabah.
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 336 Umum keuangan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Jan 2020 06:58
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2021 06:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4895

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.