S t r a t e g i P e m a s a r a n Pendidikan d i Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten

SAADAH, DEDE (2019) S t r a t e g i P e m a s a r a n Pendidikan d i Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1-Kofer dan Daftar Isi-ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (360kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2-Bab I-ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (312kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3-Bab II-ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
4-Bab III-ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (288kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5-Bab IV-ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (332kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
6-Bab V-ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
7-DAFTAR PUSTAKA-ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (141kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: DEDE SAADAH, NIM: 172042061, Judul Tesis: S t r a t e g i P e m a s a r a n Pendidikan d i Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten Lembaga pendidikan kian menjamur di negeri ini, baik yang berlatar belakang keagamaan maupun umum. Masing-masing menawarkan produk unggulan, untuk diperebutkan oleh konsumen di pasaran. Mereka juga menggunakan berbagai strategi pemasaran terbaik, untuk menarik minat calon siswa. Hal yang sama dilakukan oleh Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, yang tidak mau tertinggal turut bersaing di zaman kompetitif ini. Penelitian dengan metode kualitatif-deskriptif ini dilakukan untuk melihat sejauh mana Pondok Pesantren Qothrotul Falah menjalankan strategi pemasaran produk pendidikannya. Karena itu, ada tiga pertanyaan besar yang hendak dicari jawabnya: 1) Bagaimana peran pemimpin dalam memasarkan produk pendidikan Pondok Pesantren Qothrotul Falah?; 2) Apa saja strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan?; 3) Apa kelebihan dan kelemahan strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan? Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peran pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Qothrotul Falah bisa dikategorikan menjadi dua: peran pemasaran langsung dan peran pemasaran tidak langsung. Setidaknya empat belas strategi pemasaran pendidikan juga dilakukan oleh Pondok Pesantren Qothrotul Falah, berupa ceramah kiai, penulisan karya, publikasi media massa, pemasangan spanduk, penyebaran brosur, penyebaran kalander, penyebaran bulletin, publikasi face book, publikasi instagram, publikasi website, pelibatan peran serta masyarakat, pelibatan peran serta alumni, informasi melalui WAG (WhatsApp Group), dan Siaran Radio. Strategi pemasaran itu memiliki kelebihan dan kelemahan. Jika pemasaran itu melalui media sosial (WA, FB, dan Instagram), maka akan mampu menjangkau pangsa pasar lebih luas dalam waktu yang cepat. Jika strategi pemasaran dilakukan secara konvensional (brosur, kalender, ceramah, dll), maka jangkauan pangsa pasarnya akan sempit dan penyebarannya lambat. Selain model komunikasi pemasaran, yang penting dilakukan serius oleh Pondok Pesantren Qothrotul Falah, adalah identifikasi pasar, segmentasi pasar, diferensiasi produk, dan pelayanan pesantren, karena empat hal ini belum benarbenar diselenggarakan oleh pesantren. Kata Kunci: Pemasaran, Pendidikan, Pesantren

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2019 07:35
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2019 07:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.