Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV

Inayati, Iin (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
skripsi barming.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Iin Inayati. 152400856. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian tumbuhan di kelas IV MI Ashabul Maimanah sidayu tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group PretestPosttest Desingh dengan sampel 19 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda, dengan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 39,32 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 78,10, yang kemudian dianalisis dengan uji hipotesis (uji t). setelah data dari pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t yang menunjukan ℎ = 12,42 dan = 1,740 dengan df = 19 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian , ℎ ≥ yaitu 12,42 ≥ 1,740, makaHaditerima danHoditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi bagian tumbuhan di kelas IV MI Ashabul Maimanah Sidayu. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar, IPAIin Inayati. 152400856. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian tumbuhan di kelas IV MI Ashabul Maimanah sidayu tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group PretestPosttest Desingh dengan sampel 19 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda, dengan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 39,32 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 78,10, yang kemudian dianalisis dengan uji hipotesis (uji t). setelah data dari pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t yang menunjukan ℎ = 12,42 dan = 1,740 dengan df = 19 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian , ℎ ≥ yaitu 12,42 ≥ 1,740, makaHaditerima danHoditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi bagian tumbuhan di kelas IV MI Ashabul Maimanah Sidayu. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar, IPA

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 01 Okt 2019 04:23
Perubahan Terakhir: 01 Okt 2019 04:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.