Maulani, Indah (2019) Analisis Tingkat Kesukaran Soal Ulangan Harian Buatan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Kepuh Denok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaran soal ulangan harian buatan guru mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV SDN Kepuh Denok. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
skripsi 2018.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (936kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Indah Maulani, 142400694, 2018. Analisis Tingkat Kesukaran Soal Ulangan Harian Buatan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Kepuh Denok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaran soal ulangan harian buatan guru mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV SDN Kepuh Denok. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tingkat kesukaran soal. Hasil analisis tingkat kesukaran soal ulangan harian 1 bentuk pilihan ganda tergolong sedang karena presentase lebih besar ditemukan 7 soal (70%) dengan kriteria sedang, 2 soal (20%) dengan kriteria mudah dan 1 soal (10%) dengan kriteria sukar untuk soal ulangan harian 1 bentuk uraian ganda tergolong sedang karena presentase lebih besar ditemukan 3 soal (30%) dengan kriteria sedang, 2 soal (20%) dengan kriteria mudah dan tidak ada soal yang masuk dalam kategori sukar. Pada soal ulangan harian 2 bentuk pilihan ganda tergolong sedang karena presentase lebih besar ditemukan 7 soal (70%) dengan kriteria sedang, 3 soal (30%) dengan kriteria mudah dan tidak ada soal yang masuk dalam kriteria sukar untuk soal ulangan harian 2 bentuk uraian tergolong mudah karena presentase lebih besar ditemukan 3 soal (30%) dengan kriteria mudah, 2 soal (20%) dengan kriteria sedang dan tidak ada soal yang masuk dalam kriteria sukar. Pada soal ulangan harian 3 bentuk pilihan ganda tergolong sedang karena presentase lebih besar ditemukan 7 soal (70%) dengan kriteria sedang, 3 soal (30%) dengan kriteria mudah dan tidak ada soal yang masuk dalam kriteria sukar untuk soal ulangan harian 3 bentuk uraian tergolong sedang karena presentase lebih besar ditemukan 3 soal (30%) dengan kriteria sedang, 1 soal (20%) dengan kriteria mudah dan 1 soal (20%) dengan kriteria. Pada soal ulangan harian ke 4 bentuk pilihan ganda tergolong mudah karena presentase lebih besar ditemukan 6 soal (60%) dengan kriteria mudah, 4 soal (40%) dengan kriteria sedang dan tidak soal yang masuk dalam kriteria sukar untuk soal ulangan harian 4 bentuk uraian tergolong sedang karena presentase lebih besar ditemukan 3 soal (60%) dengan kriteria sedang, 2 soal (40%) dengan kriteria mudah dan tidak ada soal yang masuk dalam kriteria sukar. Dilihat dari prporsinya soal dinyatakan baik apabila tingkat kesukaran memiliki perbandingan yang seimbang, berdasarkan proprorsi tingkat kesukaran soal ulangan harian 1,2,3,4 bentuk pilihan ganda dan bentuk uraian memiliki perbandingan yang tidak seimbang karena tidak memenuhi proporsi tingkat kesukaran soal yang baik. Kata Kunci : Analisis Tingkat Kesukaran Soal
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 01 Okt 2019 04:23 |
Perubahan Terakhir: | 01 Okt 2019 04:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4402 |
Actions (login required)
Lihat Item |