Mayangsari, Annisa (2019) Pendidikan Agama Islam Judul Tesis : Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Tilawah dan Tahfidzul Qur‟an dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Qur‟an Hadits di Madrasah Aliyah Turus Pandeglang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (FULL TESIS)
IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL TILAWAH DAN TAHFIDZUL QUR.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama : Annisa Mayangsari NIM : 162010022 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul Tesis : Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Tilawah dan Tahfidzul Qur‟an dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Qur‟an Hadits di Madrasah Aliyah Turus Pandeglang Banten Masalah yang dibahas dalam tesis ini adalah implementasi kurikulum muatan lokal tilawah dan tahfidzul qur‟an dalam meningkatkan hasil pembelajaran qur‟an hadits. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan implementasi kurikulum muatan lokal tilawah dan tahfidzul qur‟an dalam meningkatkan hasil pembelajaran qur‟an hadits. untuk mengetahui dampak penerapan kurikulum muatan lokal tilawah dan tahfidzul qur‟an dalam meningkatkan hasil pembelajaran qur‟an hadits. untuk mengetahui dan mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat serta solusi implementasi kurikulum muatan lokal tilawah dan tahfidzul qur‟an dalam meningkatkan hasil pembelajaran qur‟an hadits. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya peneliti mendeskripsikan kenyataan di lapangan secara benar. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai human instrumen dengan menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data, dan pengujian keabasahan data (triangulasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi kurikulum muatan lokal dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap persiapan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan menutup kegiatan pembelajaran namun belum maksimal. Faktor pendukung yang melandasi dan menyemangati implementasi kurikulum muatan lokal adalah landasan Yuridis Formal, sarana dan prasarana dan pendanaan. Faktor penghambat implementasi kurikulum muatan lokal adalah terbatasnya alokasi waktu, kurangnya pengembangan aktivitas dan kreativitas peserta didik, kuarangnya motivasi belajar peserta didik, lemahnya pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran muatan lokal tilawah dan pembelajaran qur‟an hadits, lemahnya pembinaan disiplin, dan minimnya alokasi waktu. Solusi terhadap faktor penghambat dalam meningkatkan hasil pembelajaran qur‟an hadits adalah meningkatkan motivasi belajar peserta didik, meningkatkan pembinaan disiplin, dan penambahan alokasi waktu. Implikasi dalam penelitian ini adalah, jika pengimplementasian kurikulum muatan lokal tilawah dan tahfidzul qur‟an dapat meningkatkan hasil pembelajaran qur‟an hadits di Madrasah Aliyah Turus Pandeglang, maka diharapkan kepada semua guru dan stakeholder dapat bekerja sama dalam memberikan semangat serta motivasi dan ruang gerak yang luas kepada guru muatan lokal tilawah dan tahfidzul qur‟an dalam menerapkan aturan-aturan yang relevan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 17 Jul 2019 06:05 |
Perubahan Terakhir: | 17 Jul 2019 06:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4168 |
Actions (login required)
Lihat Item |