Putri, Dini Haspiyanti (2019) Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Minat Baca pada Masa Akhir Kanak-Kanak (Studi Kasus di Taman Bacaan Masyarakat Jawara, Kp. Kesatrian-Kasemen). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (22kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BAB I - V)
SKRIPSI DINI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Membaca adalah salah satu aspek terpenting dalam proses belajar. Dasar pondasi pemikiran dan kreativitas seseorang dapat ditentukan dari bacaannya. Saat ini adalah era yang sangat mudah untuk menemukan bahan untuk dijadikan bacaan, dari e-book pada gadget sampai tulisan dalam bentuk opini di media sosial. Hal ini menjadi sebuah perhatian Taman baca masyarakat Jawara untuk memberikan motivasi terkait meningkatkan minat baca kepada anak-anak dan masyarakat sekitar kecamatan Kasemen. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kondisi anak masa akhir kanak-kanak di Taman bacaan masyarakat Jawara?, 2) Apa faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca pada masa akhir kanak-kanak?, 3) Bagaimana pelaksanaan Bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat baca pada masa akhir kanak-kanak ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui kondisi anak masa akhir kanak-kanak di Taman bacaan masyarakat Jawara, 2) Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca pada masa akhir kanak-kanak, 3) Untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan minat baca pada masa akhir kanak-kanak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif penelitian tindakan, sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Usaha layanan bimbingan kelompok pengaruhnya sangat besar dalam meningkatkan minat baca pada masa akhir kanak-kanak. Dengan teknik pendekatan yang digunakan adalah teknik pendekatan behavioral, yaitu teknik Reinforcement dengan reward dan punishment, dan teknik Social Modelling atau teknik pencontohan untuk menguatkan tingkah laku baru yang baik yakni minat membaca buku. Proses bimbingan kelompok dilakukan setiap hari minggu dan dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Setelah melaksanakan bimbingan kelompok minat baca pada responden meningkat menjadi lebih baik. Bimbingan kelompok dilakukan dengan 10 responden yang berusia 8-11 tahun. Penguatanpenguatan harus terus dilakukan agar responden lebih baik lagi minat membacanya seperti teknik reward, punishment, dan teknik Social Modelling atau teknik pencontohan dan responden juga harus selalu dapat bimbingan dari orangtuanya agar minat membacanya lebih baik lagi. Kata kunci : Bimbingan kelompok, minat membaca.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Jul 2019 07:21 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 04:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4146 |
Actions (login required)
Lihat Item |