Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 33 Jakarta Barat

Patimah, Pipit (2019) Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 33 Jakarta Barat. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (177kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
1-5 Revisi BARU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (634kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA DAN LAIN LAIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (791kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pipit Patimah, NIM : 132101672, Judul Skripsi : Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 33 Jakarta Barat KH. Ahmad Dahlan adalah tokoh pendiri organisasi Muhammadiyah dan juga salah satu tokoh pendidikan nasional di Indonesia. Organisasi Muhammadiyah adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang keagamaan, ekonomi, sosial dan pendidikan. Dalam bidang pendidikan, organisasi Muhammadiyah telah mendirikan lebih dari sepuluh ribu lembaga pendidikan dari tingkat TK sampai dengan perguruan tinggi yang berdiri dari Sabang sampai Merauke. Salah satu lembaga pendidikan milik Muhammadiyah yang terkenal adalah SMP Muhammadiyah 33 Jakarta Barat. Rumusan Masalah: 1. Bagaimana konsep pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan? 2. Bagaimana Implementasi pemikiran KH.Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di SMP 33 muhammadiyah 33 Jakarta barat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep pemikiran KH.Ahmad Dahlan Mengenai Pendidikan Islam dan mendeskripsikan Implementasi pemikiran KH.Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di SMP Muhammadiyah 33 Jakarta Barat.Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumupulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan metode induktif, deduktif dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, tentang konsep pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan itu meliputi tiga hal, yaitu: a. Tujuan Pendidikan Islam harus diarahkan pada usaha membentuk manusia muslim yang berbudi luhur, luas pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan serta bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakat. b. Materi Pendidikan Islam harus memuat pendidikan akhlak, pendidikan individu dan pendidikan kemasyarakatan. c. Metode Pembelajaran memadukan antara dua model pendidikan yaitu metode pendidikan modern dengan metode pesantren dan antara pengetahuan umum dengan ilmu agama. Adapun hasil dari penelitian Implementasi konsep pendidikan KH. Ahmad Dahlan di SMP Muhammadiyah 33 Jakarta barat adalah: a. SMP Muhammadiyah 33 Jakarta telah mengimplementasikan konsep serta pemikiran-pemikiran nilai-nilai pendidikan KH. Ahmad Dahlan dengan sangat baik, b. Konsep dan pemikiran KH. Ahmad Dahlan ini masih sangat relevan untuk diterapkan di zaman ini di berbagai macam tingkat pendidikan. Kata kunci: Konsep Pendidikan Islam, KH. Ahmad Dahlan, Implementasi

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Jul 2019 02:17
Perubahan Terakhir: 05 Jul 2019 02:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.