Solihah, Noviati (2019) Pengaruh Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap peningkatan menemukan Ide Pokok Paragraf (Pre-Eksperimen di kelas IV SD Negeri Pamekser kecamatan mancak, kabupaten serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
1. cover FF.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (10kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
3. Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (34kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I - V)
bab 1-5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (612kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
11. Daftar isi 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA NOV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (8kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama : Noviati Solihah. NIM: 152400824. 2019. Pengaruh Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap peningkatan menemukan Ide Pokok Paragraf (Pre-Eksperimen di kelas IV SD Negeri Pamekser kecamatan mancak, kabupaten serang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model CIRC efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada pokok bahasan Ide Pokok paragraf. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Pamekser Kecamatan Mancaki Kabupaten Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Group pretest-posttest Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa Kelas IV semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 di Kecamatan Mancak. Sampel yang diambil adalah Kelas IV yang ada di SD Negeri Pamekser kecamatan Mancak. Dengan jumlah 20 siswa. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji- t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC memperoleh rata-rata nilai pre-test 42,5 sedangkan hasil post-test 74,5. Hal ini membuktikan bahwa Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada materi Ide Pokok Paragraf Kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional) ( ˃ yaitu 4,5 ˃2,55). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model CIRC efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada pokok bahasan Ide Pokok Paragraf. Kata kunci: Model CIRC, Paragraf, Ide pokok
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Jun 2019 03:12 |
Perubahan Terakhir: | 20 Jun 2019 03:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4033 |
Actions (login required)
Lihat Item |