Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SBK (Kuasi Eksperiman Di Kelas III Mis Mathla’ul Anwar Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang)

Avani, Iin (2019) Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SBK (Kuasi Eksperiman Di Kelas III Mis Mathla’ul Anwar Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (85kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
LAMPIRAN depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (280kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (174kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I -V)
SKRIPSI BAB 1,2,3,4,5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (885kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Iin Avani. NIM: 142400737. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SBK (Kuasi Eksperiman Di Kelas III Mis Mathla’ul Anwar Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartun pada pembelajaran SBK di MIS Mathla’ul Anwar, serta mengetahui pengaruh penggunaan medi kartun pada mata pelajaran SBK terhadap hasil belajar siswa kelas III di MIS Mathla’ul Anwar Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas III semester gajil pada sekolah dasar di Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang Tahun ajaran 2018/2019 yaitu sebanyak 48 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IIIB sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik uji coba, dilakukan pada saat peneliti melaksanakan percobaan mengambar dengan menggunakan media kartun, serta tes yang digunakan untuk memperoleh data hasil menggambar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan pengujian menggunakan uji-t jenis Independent Sample T-test menunjukkan thitung = 6.962 > dari ttabel 2.189 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, hasil belajar siswa dengan menggunakan media kartun berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menggambar. Kata Kunci: Media Kartun, Hasil Belajar, SBK

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Jun 2019 07:45
Perubahan Terakhir: 13 Jun 2019 07:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4009

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.