Analisis Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan pada Santri Pondok Pesantren Darul Irfan Kota Serang.

Kusharyadi, Fajar Ari (2019) Analisis Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan pada Santri Pondok Pesantren Darul Irfan Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI - 131401333 - FAJAR ARI KUSHARYADI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Fajar Ari Kusharyadi, NIM: 131401333, Judul Skripsi: Analisis Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan pada Santri Pondok Pesantren Darul Irfan Kota Serang. Label halal merupakan label yang dicantumkan pada kemasan pangan, obat, dan kosmetik yang mengindikasikan bahwa suatu produk telah menjalani proses pemeriksaan kehalalan dan telah dinyatakan halal oleh Badan penyelenggara Jaminan Produk Halal dan Majelis Ulama Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada santri pondok pesantren Darul Irfan kota Serang? 2) bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap label halal.? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada santri pondok pesantren Darul Irfan kota Serang, serta untuk bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap label halal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis data uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, uji t, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil analisis diperoleh dari uji hipotesis thitung > ttabel = 4,709 > 2,032 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien korelasi ((R) sebesar 0,628 terletak pada interval koefisien 0,60 – 0,799 menunjukan bahwa terjadi hubungan yang. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,395. Hal ini berarti variabel label halal dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada santri pondok pesantren darul Irfan, yaitu sebesar 39,5%, Sedangkan sisanya yaitu sebesar 100% - 39,5% = 60,5% di pengaruhi atau dijelaskan oleh faktorfaktor lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.9 Aspek fiqh lainnya > 2x4.99 Masalah-masalah lainnya (Bid'ah)
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Mei 2019 02:00
Perubahan Terakhir: 23 Mei 2019 02:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3924

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.