ISLAMIDINA, LULU (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PTK di Kelas IV SDN Kadumerak 1 Karangtanjung Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
LULU ISLAMIDINA 122700508.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan bangun ruang di SDN Kadumerak 1 Pandeglang.hal ini disebabkan karena rendahnya motivasi belajar siswa dan metode yang digunakan masih berpusat pada guru sehingga anak hanya menyimak tanpa ia mempraktekkan langsung yang dikaitkan dengan kehidupan nyatanya. Pendekatan Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melibatkan siswa disetiap pembelajarannya untuk memecahkan suatu masalah yang diberikan guru, sehingga siswa mampu belajar sendiri dari masalah yang ia dapat dan kerjakan bersama kelompoknya. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Penerapan pendekatan Problem Based Learning yang bagaimana yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika pokok bahasan Bangun Ruang di kelas 4 SDN Kadumerak 1 Pandeglang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan Bangun Ruang di kelas 4 SDN Kadumerak 1 Pandeglang dengan menggunakan metode penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam penelitian ini tindakan yang dilakukan sebanyak dua Siklus. Setiap siklus terdiri dari empat rangkaian utama yaitu Perencanaan, Pelaksanaan dan Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh setelah menggunakan pendekatan PBL hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari persentase keberhasilan. Persentasi ketuntasan belajar siswa pada pra Siklus yaituu 60%, Siklus I sebesar 45,95%, dan pada Siklus II mencapai 75, 67%. Dengan demikian pendekatan pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PROBLEM BASED LEARNING |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 17 Apr 2017 01:10 |
Perubahan Terakhir: | 17 Apr 2017 01:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/370 |
Actions (login required)
Lihat Item |