Strategi Pengorganisasian dan Model Penerapan Pendidikan Karakter di MA Mathla’ul Falah Tanara Kabupaten Serang.

Basyar, Abdul (2019) Strategi Pengorganisasian dan Model Penerapan Pendidikan Karakter di MA Mathla’ul Falah Tanara Kabupaten Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL TESIS)
TESIS - ABDUL BASYAR (1540400012).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Konsepsi pendidikan karakter muncul ke permukaan pada akhir-akhir ini, setelah terjadi degradasi moral yang melanda bangsa Indonesia. Pendidikan karakter diambil dari dua suku kata yang berbeda, yaitu pendidikan dan karakter. Kedua kata ini mempunyai makna sendiri-sendiri. Pendidikan lebih merujuk pada kata kerja, sedangkan karakter lebih kepada kata sifatnya. Artinya, melalui proses pendidikan tersebut, nantinya dapat menghasilkan sebuah karakter yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian adalah, bagaimana strategi pengorganisasian nilai-nilai pendidikan karakter, bagaimana model penerapan nilai-nilai pendidikan karakter, dan bagaimana faktor pendukung serta penghambat penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di MA Matla’ul Falah Tanara Kabupaten Serang. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui bagaimana strategi pengorganisasian nilai-nilai pendidikan karakter, untuk mengetahui bagaimana model penerapan nilai-nilai pendidikan karakter, dan untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di MA Matla’ul Falah Tanara Kabupaten Serang. Adapun manfaat penelitian diharapkan dapat memberi masukan terhadap lemabaga pendidikan dan atau pemangku kebijakan tentang strategi pengorganisasian dan model penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, untuk menguraikan, menggambarkan, mengembangkan atau melukiskan suatu masalah berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk diselidiki. Hasil penelitian menunjukan, bahwa dalam strategi pengorganisasian pendidikan karakter di sekolah, pihak sekolah bisa memanfaatkan sistem pendidikan dan atau kurikulum yang berlaku dengan inovasi, berdasarkan dengan kultur dan kebudayaan serta kearifan lokal yang ada untuk mensinergikan ide gagasan dalam penerapan nilai-nilai pendidikan karakter bagi siswa didik. Sedangkan model penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah, adalah, diperlukannya inovasi yang bersandar pada sistem pendidikan yang ada, atau kurikulum yang berlaku secara nasional. Seperti, peserta didik didata minat bakatnya, kemudian diberikan ruang aktivitasnya, baik dalam peningkatan soft skill maupun hard skill. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan nilai-nilai pendidikan karakter, adalah dengan memberikan suasana kondusif baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Startegi Pengorganisasian, Model Penerapan dan Pendidikan Karakter
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Apr 2019 04:48
Perubahan Terakhir: 05 Jun 2024 08:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3648

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.