Analisis Deskriptif Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Studi di Kelas V SD Negeri Kedawung)

Dewi, Iin Inayati Safitri (2019) Analisis Deskriptif Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Studi di Kelas V SD Negeri Kedawung). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (308kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
bab 2 acc.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
bab 3 acc.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (127kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
bab 4 acc.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (244kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Iin Inayati Safitri Dewi, 142400696. 2018. Analisis Deskriptif Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Studi di Kelas V SD Negeri Kedawung) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskriptif dari kondisi siswa kelas V SD Negeri Kedawung saat menyelesaikan faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, subjek sebanyak 20 siswa. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara siswa dan guru, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui kondisi belajar siswa, dan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya belajar. Dari data tersebut terlihat faktor-faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab rendahnya motivasi belaajr IPA pada siswa dikarenakan: 1. faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Seperti faktor dari guru seperti metode mengajar guru kurang bervariasi dan cara berbicara guru dalam menjelaskan terlalu cepat. 2. Upaya guru dalam menumbuhkan mtovasi belajar siswa diantaranya: guru memberikan motivasi kepada siswa. Guru memberikan perhatian kepada siswa. Guru memberikan nilai tambahan (reward) bagi siswa yang ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2019 07:27
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2019 07:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3415

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.