Mawarni, Rina (2019) Analisis Kesulitan Guru Kelas I dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (393kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (568kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BELAKANG)
LAMPIRAN BELAKANG.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (744kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rina Mawarni. 142400780. 2018. Analisis Kesulitan Guru Kelas I dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan guru kelas 1 dalam menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru kelas 1 dalam menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013, yaitu 1) Guru kesulitan dalam menjabarkan SK dan KD ke dalam indikator; 2) Guru kesulitan dalam mengembangkan tema yang ada; 3) Guru kesulitan dalam menyesuaikan tema dengan karakteristik siswa; 4) Guru kesulitan dalam mengembangkan media yang sesuai dengan materi ajar; 5) Guru kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran tematik dalam RPP; 6) Guru kesulitan dalam mengondisikan siswa di dalam kelas; 7) Guru kesulitan untuk menjelaskan materi pembelajaran agar seluruh siswa mengerti dengan apa yang disampaikan; 8) Guru kesulitan dalam membuat instrumen penilaian seperti penilaian unjuk kerja, produk dan lain sebagainya. 9) Guru kesulitan dalam menilai hasil akhir (rapor) pembelajaran tematik karena penilaiannya berdasarkan dengan mata pelajaran. Faktor penyebab guru kelas 1 mengalami kesulitan tersebut, yaitu 1) Kurangnya pengetahuan guru tentang pembelajaran tematik baik mengenai administrasi atau pun pengimplementasian pembelajaran tematik; 2) Minat dan kemauan guru yang rendah dalam menambah pengetahuan mengenai konsep dasar pembelajaran tematik; 3) Fasilitas pendukung kurang memadai seperti media dan alat peraga.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 13 Feb 2019 07:06 |
Perubahan Terakhir: | 13 Feb 2019 07:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3364 |
Actions (login required)
Lihat Item |