MUHAMMAD, JAMALUDIN (2017) MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PESANTREN SALAFI DAN MODERN(Studi Perbandingan di Pesantren Salafi Nurul Anwar dan Pesantren Modern Al-Mubarok Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
Teks (COVER)
COVER MJ.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (884kB) |
||
|
Teks (ABSTRAK)
MJ ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (74kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (222kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (303kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB 3.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (142kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB 5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (135kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka baru.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (129kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam, yang harus dipelajari oleh setiap muslim. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan islam yang sejak awal-awal berdirinya telah memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencerdaskan bangsa. Pendidikan Al-Qur’an di pesantren memiliki kedudukan yang sanagt istimewa, hal tersebut sangat wajar jika melihat nama pesantren. Dengan berkembangnya pesantren tentu menjadi hal yang akan dilihat oleh banyak kalangan. Penting untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi dan modern. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana karakteristik pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang; Bagaimana persamaan dan perbedaan pembelajaran Al-Qur’an di pesantren Salafi Nurul Anwar dan Pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang; Bagaimana kelebihan dan kekurangan pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui karakteristik pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang. Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pembelajaran Al-Qur’an di pesantren Salafi Nurul Anwar dan Pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang. Kegunaan Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan fikiran dan menambah pengetahuan dalam melakukan evaluasi terhadap Model Pembelajaran Al-Qur’an yang ada di lembaga pesantren maupun diluar lembaga pesantren. Penelitian ini dilaksanakan di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif studi kasus. dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren salafi Nurul Anwar dan Pesantren Modern Al-Mubarok memiliki karakternya masing-masing. Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki kedua lembaga, juga persamaan dan perbedan system belajarnya
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PESANTREN SALAFI DAN MODERN |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 07 Apr 2017 00:15 |
Perubahan Terakhir: | 07 Apr 2017 00:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/286 |
Actions (login required)
Lihat Item |