Penerapan Teknik Token Economy dałam Meningkatkan Kebiasaan Anak dałam Membaca Doa Harian Studi Kasus di Kampung Gosara Desa Gosara Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang

Mi'jiah, Mi'jiah (2018) Penerapan Teknik Token Economy dałam Meningkatkan Kebiasaan Anak dałam Membaca Doa Harian Studi Kasus di Kampung Gosara Desa Gosara Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks (COVER)
caver skripsi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (192kB)
[img] Teks (FULL SKRIPSI)
isi skripsi b5.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (660kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
SKRIPSI BA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB)

Abstrak

Seorang anak memiliki hak dałam kebebasan bernarasi yang tidak bertentangan dengan tuntutan-tuntutan Islam dan adab-adabnya. Hak ini mencakup kebebasan menuntut berbagai jenis pengetahuan dan pemikiran-pemikiran yang luhur yang tidak bertentangan dengan landasan-landasan akhlak, agama dan kebangsaan. la juga memiliki hak untuk menyampaikan dan menyiarkannya baik dengan lisan, tulisan, seni, atau apapun juga yang menjadi media yang sesuai dengan situasi dan kemampuan intelektualnya Konsep Islam mengajarkan manusia untuk selalu mengingat Allah SWT dałam aktifitas apapun dan kapanpun, salah satunya dengan berdoa. Doa merupakan suatu rangkaian ibadah yang mempunyai keterkaitan dengan kesempurnaan iman, ihsan dan Islamnya seseorang. Oleh sebab iłu, berdoa sangat dianjurkan oleh agama, meskipun doa tidak perlu syarat dan rukun yang ketat, sepenti halnya ibadah shalat, zakat, dan puasa. Berdoa terlihat jelas penghambaan manusia kepada Allah sebagai tempat meminta, atau memohon, sedangkan manusia adalah makhluk yang hina dan selalu dałam kekurangan. Dari latar belakang diatas muncul muncul beberapa pertanyaan yang akan menjadi fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana kebiasaan anak dałam membaca doa harian? 2) Bagaimana penerapan teknik token economy dałam meningkatkan kebiasaan membaca doa harian pada anak? 3) Bagaimana dampak teknik token economy dałam meningkatkan kebiasaan membaca doa harian pada anak? Penelitian ini bertujuan untuk 1)Untuk mengetahui bagaimana kebiasaan anak membaca doa harian. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik token economy pada anak dałam membaca Doa Harian. 3) Untuk mengetahui bagaimana dampak teknik token economy dałam meningkatkan kebiasaan membaca doa harian pada anak. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Gosara Desa Gosara Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang-Banten, dengan subyek penelitian sebanyak 10 responden yang berumur 6-11 tahun. Dałam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, adapun data yang diperoleh dari peelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan , dapat disimpulkan dałam kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang dilakukan responden belum membiasakan membaca doa harian secara sempurna. Mereka hanya menggunakan doa harian yang mereka ingat yang pada umumnya orang lain lakukan. Sepełti doa sebelum makan, doa sebelum tidur sementara doa yang lain belum terlalu hapal. Dengan penerapan teknik token economy ini bemilai cukup efektif dan berdampak positif dałam mempengaruhi perkembang keagamaan serta menumbuhkan akhlak yang baik terhadap responden/individu dan pribadi yang baik pula dengan melaksanakan atau menggunakan doa harian setiap hari. Hal ini ditandai dengan perubahan setiap kegiatan sebelum dan sesudah aktifitas mereka membaca doa dengan bertanda rasa syukur kita kepada Allah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 331 Buruh ekonomi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 12 Nov 2018 04:06
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 03:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.